TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Gunung Di Indonesia Beserta Manfaatnya

Gunung tertinggi di Sumatra adalah Gunung Kerinci ,gunung tertinggi di pulau Jawa adalah Gunung Semeru ,Gunung tertinggi di Sulawesi adalah gunung Rntekombala .Gunung tertinggi di Indonesia adalah Puncak Jayawijaya . Tingginya mencapai 5.030.Gunung ini berada di provinsi Papua . Puncaknya selalu tertutup salju . Inilah satu - satunya salju di Wilayah Indonesia .

Gunung adalah Tonjolan permukaan bumi yang tingginya lebih dari 400 m .

Sebuah gunung biasanya terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik atau gerakan epeirogenik. Pegunungan merupakan kumpulan atau barisan gunung.

Jenis-jenis Gunung (Pegunungan)

Gunung atau pegunungan dibagi menjadi tiga macam antara lain :
  • Gunung api
  • Gunung lipatan
  • Gunung patahan

Manfaat Gunung : 
 
  1. Gunung dapat dijadikan tempat rekreasi atau objek wisata. Keindahan gunung dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata misalnya ketep pass yang berada di wilayah Magelang Jawa Tengah.
  2. Menyuburkan tanah. Abu vulkanik yang dikeluarkan dari gunung berapi akan membuat tanah menjadi subur setelah mengalami proses betahun-tahun. Hal ini lah yang membuat lahan di sekitar gunung berapi menjadi sangat subur untuk ditanami berbagai jenis sayuran.
  3. Material yang bermanfaat. Apabila gunung mengalami erupsi, maka material yang dikeluarkan oleh gunung berapi akan bermanfaat untuk dijual. Material letusan gunung api dalam waktu yang lama akan menyuburkan tanah, pasirnya dapat digunakan untuk bahan bangunan
  4. Gunung Sebagai pengatur iklim dan penyimpanan air. fungsi gunung mengalirkan air ke daerah-daerah yang memiliki ketinggian yang lebih rendah.
  5. Magma yang keluar dari dalam gunung dapat menyebabkan terangkatnya barang tambang ke muka bumi
  6. Gunung sebagai pendakian. Gunung banyak dijadikan pendakian oleh banyak orang hal ini memiliki dua dampak yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak negatifnya adalah mereka yang hanya melakukan pendakian untuk hobi dan menjadikan gunung sebagai tempat sampah baru. Untuk dampak positifnya yaitu orang-orang yang tergerak untuk memiliki gaya hidup yang sehat dengan berolahraga melakukan pendakian ke gunung

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media