TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » Belajar melalui seni dan Belajar tentang seni

Belajar melalui seni dan Belajar tentang seni

Pendidikan seni musik lebih menekankan pada pemberian pengalaman seni musik, yang nantinya akan melahirkan kemampuan untuk memanfaatkan seni musik pada kehidupan sehari-hari.

Pendidikan Seni musik diberikan  di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan siswa, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi  melalui pendekatan: “belajar dengan seni,” “belajar melalui seni” dan “belajar tentang seni.”

Seni yang terdiri dari beberapa jenis mempunyai manfaat tersendiri untuk masing-masing jenisnya. Manfaat seni dapat dirasakan tidak hanya dari sisi individu melainkan juga dari sisi sosial. Terlepas dari jenis-jenis seni, berikut ini manfaat belajar seni secara umum:

1. Manfaat Individu

    Kebutuhan Emosional

Manfaat belajar seni yang pertama untuk individu atau perorangan adalah memenuhi kebutuhan emosional. Mempelajari seni dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi penciptanya dan juga penikmatnya. Menjadi lebih apresiasif dan melatih diri untuk merasakan emosional merupakan manfaat yang dapat dirasakan dari belejar seni.


    Kebutuhan Fisik

Manfaat belajar seni untuk individu selain dapat memenuhi kebutuhan emosional, juga dapat memenuhi kebutuhan fisik. Kedua hal tersebut saling berhubungan antara emosional dan fisik, hasil yang diberikan emosi dapat mempengaruhi fisik seseorang
2. Manfaat Sosial

    Media Hiburan
Mempelajari seni dapat memberikan manfaat sebagai hiburan atau rekreasi. Seni yang dibuat dengan indah dapat memberikan daya tarik tersendiri untuk menghibur banyak orang. Setiap jenis seni dapat memberikan hiburan dengan cara tersendiri.

    Media Komunikasi

Manfaat belajar seni lainnya adalah menggunakan seni tersebut menjadi media komunikasi. Pepatah bahasa Inggris ada yang menyebutkan A picture is worth a thousand words, berartikan sebuah gambar dapat mencerminkan seribu kata.

    Media Pendidikan

Hal terakhir yang menjadi manfaat belajar seni adalah untuk kepentingan pendidikan dalam kehidupan sosial. Seni dapat dijadikan media untuk pembelajaran dengan cara memberikan petunjuk atau informasi yang dibutuhkan sebagai bantuan. Pendidikan ini tidak terbatas hanya untuk profesional, tapi juga bahkan menjangkau kalangan umum.
Manfaat Belajar Seni terhadap Anak-anak

Manfaat belajar seni berdampak tidak hanya pada orang dewasa secara umum, tapi anak-anak kecil juga. Beberapa riset mengenai penelitian mengenai manfaat belajar seni terhadap kecil telah dilakukan oleh peneliti dari tahun ke tahun. Beberapa peneliti tersebut diantara lain adalah Lisa Philips, Dewey, Read, Ross, Chapman, dan Margare Naumberg. Mereka peneliti yang berasal dari zaman yang berbeda, tapi menunjukan hasil positif terhadap manfaat belajar seni untuk anak kecil.

Manfaat belajar seni untuk anak-anak diantara lain adalah:

    Meningkatkan kreatifitas

Anak-anak mempunyai imajinasi yang luar biasa. Imajinasi tersebut dapat dikembangkan untuk kedepannya menjadi lebih baik lagi dengan cara belajar seni. Kreatif tidak hanya terbatas dalam menggambar, tapi juga bisa dalam membuat seni rupa tiga dimensi (3D). Contohnya adalah seperti patung tanah liat, gerakan tarian, membuat karangan indah, dan lain-lain

    Membangun pola pikir yang lebih dewasa

Pola pikir yang dewasa dapat dibangun dari sejak masa dini dan bisa dibimbing dengan menggunakan seni. Anak-anak pada umumnya tidak mau menerima saran atau nasehat dari orangtua karena mereka tidak mengerti

    Membangun sikap solidaritas

Beberapa karya seni harus dilakukan secara berkelompok, sehingga diperlukan solidaritas. Contoh kegiatan yang dilakukan secara berkelompok adalah menari, memainkan musik, membuat prakarya, dan juga menggambar.

    Menimbulkan karakter yang tidak mudah menyerah

Manfaat belajar seni juga untuk membangun karakter tidak mudah menyerah. Anak-anak yang belajar seni, dengan dorongan yang tepat, ingin membuat karya seni nya lebih baik lagi kedepannya. Belajar seni pada umumnya dapat dilakukan dengan dua cara yaitu otodidak dan dengan bimbingan

    Belajar untuk mengapresiasi karya

Hal terpenting dari manfaat belajar seni untuk anak-anak adalah memupuk apresiasi terhadap karya. Belajar menghargai karya orang lain harus dilakukan sejak awal, karena apresiasi tersebut akan sangat berharga bagi penciptanya. Cara mengajarkan apresiasi adalah dengan cara membawanya ke tempat yang berwawasan seni dan mengajarkannya seni.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media