Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Kepemimpinan Kepala Sekolah: Membangun Visi

Kepemimpinan Kepala Sekolah: Membangun Visi


Kepemimpinan Kepala Sekolah: Membangun Visi
Salah satu fungsi kepemimpinan adalah menciptakan visi dan mengembangkan strategi untuk mencapainya. Secara tradisional dalam waktu yang lebih stabil, pimpinan puncak mendefinisikan visi dan mengatur manusia dan sumberdaya material untuk mencapai visi. Pada dewasa ini, dalam era per ubahan yang cepat setiap orang dalam organisasi harus mema hami dan mendukung visi supaya mereka dapat mengadaptasi perilaku mereka untuk mencapai visi.
Strategi kepemimpinan adalah tanggung jawab terhadap hubungan dengan lingkungan eksternal untuk memilih/ memiliki visi, misi, strategi dan implementasi. Jadi visi adalah "the dream of the future" (mimpi tentang masa depan).
Bila para pegawai dibimbing visi, seluruh keputusan dan tindakan setiap hari dalam organisasi merespon persoalan dan tantangan yang ada sekarang dengan cara yang menggerakkan organisasi menuju dinamika masa depan daripada sekedar mempertahankan status quo (Daft, 1999:127).
Dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan pendidikan mengakar pada kekuatan visi. Karena itu, visi pimpinan berfungsi sebagai: (1) Visi- memberikan memotivasi perilaku, (2) Visi- membentuk untung/nasib, (3) Visi pribadi- kerjasama dengan sejumlah sasaran pemimpin dan organisasi, (4) Visi-pimpinan menginsipirasi tindakan, membantu membentuk masa depan, yang berpengaruh terhadap orang-orang untuk bekerja dan maksudnya terhadap organisasi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media