Rabu, 25 April 2012

Saatnya menata Ruang Kelas

Ruang Kelas yang kondusif dan menyenangkan itu sangat perlu.Belajar merupakan respon atas segala stimulus yang diterima oleh si pembelajar . Semakin banyak stimulus yang masuk maka semakin banyak peluang belajar terjadi pada diri siswa, demikian pula sebaliknya.
Segala sesuatu dalam lingkungan kelas menyampaikan pesan yang memacu atau menghambat belajar. Belajar bukan hanya menerima pidato guru tentang bahan ajar, melainkan pula melalui pesan lingkungan yang diterima sistem saraf otak. Bahkan belajar melalui segala peraga yang ada dijauh dapat dengan tiba - tiba menyalakan jalur saraf seperti nyalanya kembang api di malam hari.

Banyak hal yang dapat kita hidupkan di lingkungan sekolah :
  • Nilai sebuah halaman sekolah , Pada waktu istirahat sekolah banyak anak nongkrong di jalan dengan melihat segala sesuatu yang bukan dalam setting edukatif . Sebaliknya sekolah menyiapkan alat - alat permainan dan sejumlah jenis permainan yang bisa dinikmati anak pada waktu istirahat.
  • Ruang kelas, ruang kelas bukan penjara kreativitas belajar , tetapi merupakan dapur kreativitas yang terus mengalirkan inspirasi pikiran - pikiran brilian.Dari kelas pula proses mencetak para generasi muda yang handal . Maka optimalisasi sebuah ruang itu adalah sebuah kewajiban khusus bagi pengajar
  • Bangku belajar, bangku merupakan fasilitas interaksi belajar terdekat dengan siswa . Karena itu perlu ditata rapi agar dapat memberi kesegaran berfikir
  • Pas bunga , bunga dapat diidentikan dengan kebahagian dan kesegaran.Belajar dengan penuh kesegaran berarti belajar memungkinkan akan lebih baik.
  • Hiasan dinding , dinding merupakan pajangan pesan yang setiap hari bisa diubah dan diganti sesuai pesan yang ingin disampaikan .
  • Musik , musik yang ditata tepat waktu dan situasi dapat membantu menata suasana hati,mengubah keadaan mental dan dapat membantu belajar lebih baik dan mengingat lebih banyak.
  • Rak buku, Rak buku kelas merupakan miniatur perpustakaan


Kata Kunci/ keyword Terkait dengan artikel ini  :
pendidikan anak usia dini,pendidikan anak ,paud pendidikan anak usia dini ,pendidikan anak usia dini paud ,pembelajaran anak usia dini ,Kurikulum pendidikan anak usia dini ,skripsi pendidikan anak usia dini , makalah pendidikan anak usia dini,logo pendidikan anak usia dini ,materi pendidikan anak usia dini ,Contoh proposal pendidikan anak usia dini ,artikel pendidikan anak usia dini ,program pendidikan anak usia dini ,metode pendidikan anak usia dini ,judul skripsi pendidikan anak usia dini ,manajemen pendidikan anak usia dini,pendidikan anak usia dini pdf ,direktorat pendidikan anak usia dini ,buku pendidikan anak usia dini ,pendidikan karakter anak usia dini ,pentingnya pendidikan anak usia dini ,jurnal pendidikan anak usia dini ,contoh makalah pendidikan anak usia dini ,tujuan pendidikan anak usia dini ,pendidikan anak usia dini di indonesia ,standar pendidikan anak usia dini ,contoh judul skripsi pendidikan anak usia dini ,artikel tentang pendidikan anak usia dini ,psikologi pendidikan anak usia dini ,karya ilmiah pendidikan anak usia dini ,kategori pendidikan anak usia dini,Saatnya menata Ruang Kelas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar