Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , » Membentuk Karakter Anak

Membentuk Karakter Anak


Benarkah Cukup membentuk Karakter anak dengan perintah dan larangan ??
mungkin sebagian orang tua merasa cukup dengan menerapkan perintah dan larangan yang ketat untuk membentuk karakter anak. Dengan Perintah dan larangan yang sering,lama - lama anak akan terbiasa dengannya dan terbentuk karakternya. Inilah anggapan yang paling umum diyakini oleh para orang tua. Akibatnya , hari - hari mereka dirumah dipenuhi dengan perselisihan dengan anak.Sebab ternyata, anak tidak kunjung mengerti kemauan orang tuannya.
Perlu dimengerti bahwa perintah dan larangan adalah bagian yang sangat kecil dalam upaya pembentukan karakter.Perintah dan larangan hanya bantuan sederhana dalam menolong anak untuk melakukan kebaikan dan menghindari kesalahan .Hal pertama yang paling penting sesungguhnya adalah menanamkan kesadaran pada anak tentang pentingnya sebuah kebaikan.
Setelah proses penyadaran dan pemahaman berjalan , anak dibimbing untuk melakukan nya dalam tindakan nyata.Harus tertanan dalam diri anak bahwa setiap kebaikan yang ia ketahui tidak ada nilainya di Hadapan Allah SWT dan manusia jika tidak diwujudkan dalam tindakan nyata.Apabila sebuah kebaikan sudah dipahami anak,dan anak juga sudah menyepakati bahwa hal itu harus diwujudkan dalam tindakan nyata,orang tua harus segera mengambil angkah untuk segera memberikan pertolongan dan dukungan kepada anak untuk mewujudkannya. bentuk pertolongan yang dimaksud adalah meneladankan kebaikan - kebaikan tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media