Selasa, 24 Maret 2009

APA ITU SUPERVISI SEKOLAH

Pelayanan Supervisi Sekolah

Supervisor pengajaran menurut Sergiovani dan Starratt ( 1983 ) seharusnya membantu dalam perbaikan pengajaran. Namun pada kenyataannya supervisor pengajaran bekerja lebih menekan kepada tanggung jawab administratif guru, sedangkan disisi lain para guru menginginkan bantuan langsung untuk memperbaiki pengajaran. Oleh karena itu supervisor yang diharapkan adalah yang dapat mengkombinasikan tanggung jawab supervisi dan administratif untuk mencapai tujuan yang lebih luas dari pada yang terdapat pada level kelas. Pengalaman menunjukan bahwa sistem supervisi dan penilaian guru cendrung bersifat pemeriksaan administratif sebagai pegawai dari pada sebagai guru.
Kinerja guru banyak dinilai dari aspek administratif, sedangkan penilaian sebagai fungsional yang bersifat pedagogis kurang mendapat penilaian.
Penilaian dan pengawasan yang terlalu administratif tdak akan dapat memberikan motivasi para guru untuk melaksanakan tugas pedagogisnya. Disini para guru hanya menyiapkan bukti - bukti administratif bukan seperti kenyataan di dalam dokumen yang dibuat oleh si guru.
Karena itu di samping pengawasan administratif para guru sebenarnya juga membutuhkan supervisi dan bimbingan untuk mewujudkan kinerja profesionalnya secara lebih efektif dan terukur. Artinya proses pelayanan pedidikan yang dilakukan oleh guru tidak semu tetapi konkrit mencapai hasil. Program supervisi adalah program pengembangan staf. kegiatan ini dirancang dengan tema - tema yang bekisar kepada penyajian informasi tentang jenis pendekatan untuk membantu guru memahami informasi, mengaplikasikan pemahaman pengajaran dan memahami tingkat pengetahuan serta integrasi nilai dan sikap.

Ada empat faktor kritis yang dapat diperbaiki dalam pengajaran melalui kegiatan pengembangan staf, yaitu :
1. Pengertian dan pemahaman guru terhadap tujuan
2. Persepsi siswa terhadap guru
3. Penguasaan bahan mata pelajaran oleh guru
4. Penguasaan guru oleh teknik - teknik mengajar.

Dengan bantuan supervisi para guru akan lebih mengetahui bagaimana mengembangkan mata pelajaran utama menjadi tanggung jawabnya, dan mendemontrasikan dengan baik pekerjaannya.Sejalan dengan hal itu tampak supervisi adalah suatu proses melakuakn pendekatan yang fleksibel atau tidak kaku, bukan antara atasan dan bawahan tetapi kemitraan dalam arti interaksi profesi kependidikan.
Berkaitan dengan pendekatan dalam supervisi ini ada tiga kategori pola yang umum dilakukan, yaitu:
1. Pendekatan tradisional dan tanggung jawab administrasi
2. Pendekatan informal dan tanggung jawab guru
3. Pendekatan intermediate dan tanggung jawab supervisi.

Ketiga pendekatan itu akan menggambarkan hasil supervisi yang profesional, yaitu guru berpartisipasi dalam jabatan profesionalnya, mendapat pengalaman yang beragam, berperan aktif ( mengkontruksi, menyusun bahan, ide dan prilaku ), memberi bantuan timbal balik pada guru lain, dan memilih atau menentukan tujuan dengan baik.
Pada perakteknya tugas supervisi bukanlah pekerjaan inspeksi tetapi menggunakan sejumlah teknik atau pendekatan dalam memberikan dorongan dan bantuan karena guru memerlukan bantuan profesional langsung dari ahlinya untuk memperbaiki pengajaran.
Dari uraian di atas menunjukan bahwa pekerjaan supervisi adalah melakukan pengembangan staf dan pendidikan dalam jabatan untuk membantu guru dan personel sekolah dalam memahami pekerjaannya dan mendapat informasi baru dalam pengembangan jabatan. Pekerjaan supervisi merupakan kebutuhan bagi setiap guru sebagai penyegaran melaksanakan tugas pengajaran dengan efektif bukan sebagai momok ( hantu ) yang selalu menghantui guru dalam melengkapi administrasi.
Sekolah dan para guru memerlukan pembenahan dalam pekerjaannya, kebutuhan perbaikan manajemen sekolah, dan perbaikan pengajaran yang dilakukan oleh para ahli yang dapat diandalkan.

4 komentar:

  1. yach... semua bidang memang membutuhkan tanggung jawab...

    BalasHapus
  2. siti anja wati30 April 2011 10.31

    sangat bermanfaat sekali u/ kalangan mahasiswa...

    BalasHapus
  3. Terima Kasih Mbak SIti ..alangkah baiknya mbak cantumkan email atau alamat blog mbak agar kita bisa berkomunikasi tentang pendidikan.sekali lagi terima kasih.

    BalasHapus
  4. Saya sebagai guru, mengucapkan banyak terima kasih untuk info yg sangat bermanfaat ini...

    BalasHapus