Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , » APA ITU MODEL PORTOFOLIO

APA ITU MODEL PORTOFOLIO

APA DAN MENGAPA ADANYA MODEL PORTOFOLIO

Selama ini orang lebih mengenal istilah portofolio dalam lapangan pemerintahan, yakni digunakan untuk menyebutkan salah satu jabatan menteri, yakni menteri yang tidak meminpin departemen. Dalam bahasa Inggris dikenal istilah minister without portfolio, artinya adalah menteri yang tidak memeiliki departemen dengan nama lain menteri negara. Dalam lapangan pendidikan dan pengajaran, istilah portofolio sebagai model pembelajaran relatif masih belum banyak dikenal secara luas. Yang banyak dikenal di dunia pendidikan asumsi dari portofolio adalah sebagai suatu cara penilaian ( portofolio based assessment ).
Portofolio sebenranya dapat di artikan sebagai suatu wujud benda fisik, suatu proses sosial pedagogis, maupun sebagai adjective. Sebagai suatu wujud benda fisik portofolio itu adalah kumpulan atau dokumen hasil pekerjaan peserta didik yang disimpan pada suatu kumpulan dokumen ( master kegiatan peserta didik ). Misalnya hasil tes awal siswa masuk sekolah ( pre - test ), tugas - tugas, catatan anekdot, piagam penghargaan, keterangan telah melaksanakan tugas tersetruktur, hasil tes akhir ( post - test ) dan lain sebagainya yang berbentuk dokumen peseta didik.
Sebagai suatu proses sosial pedagogis, portofolio adalah collection of learning experience yang terdapat di dalam pikiran peserta didik baik yang berujud pengetahuan ( kognitif ), keterampilan ( skill), maupun nilai atau sikap ( afektif ). Adapun sebagai suatu adjective portofolio sering kali disandingkan dengankonsep lain, misalnya dengan konsep pembelajaran maka dikenal suatu istilah pembelajaran berbasis portofolio ( portfolio based learning ), apabila disandingkan dengan konsep penilaian maka dikenal lah suatu istilah penilaian berbasis portofolio ( portfolio based assessment ).
Di sini saya mengartikan portofolio dengan cangkupan yang luas yaitu dengan mendefenisikan suatu kegiatan siswa yang berbentuk nilai , tugas dan beberapa kegiatan diluar pembelajaran secara tersetruktur.
Biasanya portofolio merupakan suatu karya terpilih siswa, atau berupa karya dari satu kelas secara keseluruhan yang bekerja secara kooperatif membuat kebijakan untuk memecahkan masalah.
Portofolio memiliki suati istilah yaitu melihat dari kata kuncinya atau di sebut dengan karya terpilih.Maksudnya adalah bahwa yang harus menjadi akumulasi dari segala sesuatu yang ditemukan para siswa dari topik mereka harus memuat bahan - bahan yang menggambarkan usaha terbaik siswa dalam mengerjakan tugas - tugas yang diberikan kepadanya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media