TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Lingkungan Pendidikan

Lingkungan secara umum diartikan sebagai kesatuan ruang dengan segala benda, daya, keadaan, dan mahluk hidup, termasuk manusia dan perilakungya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mehluk hidup lainnya.

Lingkungan pendidikan tersebut biasanya dibedakan sebagai pendidikan informal ( keluarga, karena berlangsung secara alamiah dan wajar ), formal ( sekolah, karena dilaksanakan dengan aturan yang ketat, berjenjang dan berkesinambungan ), dan nonformal (masyarakat, karena tidsk bersyaratkan perjenjangan dan kesinambungan).

Fungsi lingkungan pendidikan adalah membantu peserta didik dalam berinteraksi dengan berbagai lingkungannya, utamanya berbagai sumber daya pendidikan yang tersedia agar dapat dicapainya tujuan pendidikan yang diinginkan.
Beberapa komponen pendidikan tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam rangka terlaksananya sebuah sistem pendidikan.

Keluarga
Keluarga merupakan pengelompokan primer yang terdiri dari sejumlah kecil orang karena hubungan sedarah. Keluarga mempunyai 2 fungsi, yakni fungsi produsi dan fungsi konsumsi, kedua fungsi tersebut memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan anak. Pada masyarakat tradisional, orang tua mengajarkan ketrampilan yang diperlukan untuk hidup serta melatih dan memberi petunjuk tentang berbagai aspek kehidupan sampai anak bisa berdiri sendiri. Hal ini berbeda dengan masyarakat modern, di mana peran-peran tersebut sudah dipegang oleh pihak sekolah.


Sekolah
Sekolah adalah tempat yang sengaja dirancang untuk melaksanakan pendidikan, karena kemajuan zaman menyebabkan ketidakmungkinan keluarga untuk memenuhi seluruh kebutuhan dan aspirasi generasi muda terhadap iptek. Semakin maju suatu masyarakat, semakin penting peranan masyarakat dalam mempersiapkan generasi muda sebelum masuk dalam proses pembangunan masyarakatnya.

Masyarakat
Masyarakat sebagai penyelenggara pendidikan, baik yang dilembagakan maupun yang tidak..Lembaga kemasyarakatan dan/atau kelompok sosial di masyarakat, baik langsung maupun tak langsung ikut memiliki peran dan fungsi edukatif.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media