TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , » Manfaat Ekstrakulikuler

Manfaat Ekstrakulikuler

Ekstrakulikuler merupakan kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang berhubungan dengan minat dan bakat siswa. Pada hakikatnya kegiatan ini bertujuan untuk membantu perkembangan siswa  sesuai kebutuhan potensi, bakat dan minat siswa. Diasumsikan bahkan setiap siswa akan memiliki kebutuhan, potensi, bakat dan minat yang berbeda. Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan ekstra kurikuler yang sangat bermanfaat, bahkan sejalan dengan tujuan kurikulum di sekolah, sebab tujuan dari kegiatan ekstra kurikuler ini untuk memperkaya ilmu dan keterampilan siswa, sehingga mereka mampu berkarya dan berusaha, melakukan kreativitas yang bermanfaat baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Beberapa manfaat penting dari kegiatan ekstrakulikuler yaitu :

1. Menentukan Prioritas
Berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakulikuler dapat membuat anak belajar bagaimana menyeimbangkan antara pekerjaan rumah, tugas sekolah, dan kegiatan lainnya. Ini dapat mengajarkan anak untuk menentukan prioritas dan juga untuk melatih manajemen waktunya.

2. Keterampilan Bersosialisasi
Dalam ekstrakulikuler anak akan mendapat teman baru yang berbeda. Itu akan melatih keterampilannya dalam bersosialisasi untuk mendapatkan teman dan bekerja sama dalam tim.

3. Memupuk Rasa Tanggung Jawab
Setiap anak yang mengikuti ekstrakulikuler akan diberikan sebuah tanggung jawab yang harus dipegangnya. Ituakan membuat anak terbiasa dengan rasa tanggung jawab.


4. Lebih Percaya Diri
Mengikuti ekstrakulikuler sering membuat anak lebih percaya diri, positif dan termotivasi. Anak akan terbiasa menghadapi tantangan untuk membangun keterampilan dan kemampuan dalam lingkungan yang baru.

5. Lebih Berekspresi 
Ektrakulkuler dapan memberikan suasana hati ataupun ekspresi anak lebih ceria. Kesenangan dari tersebut dapat menyeimbangkan otak kiri dan kanannya.


1 komentar:

  1. Salam alaikum Pak Gunawan dan Bapak/Ibu Guru yang budiman,
    Mohon izin berkomentar dan berbagi informasi

    Kegiatan ekstra kurikuler saya rasa sangat efektif dalam pembentukan karakter siswa. Dalam Perpres 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, dicantumkan bahwa Penyelenggaraan PPK dalam kegiatan Ekstrakurikuler merupakan penguatan nilai-nilai karakter dalam rangka perluasan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian Peserta Didik secara optimal.

    Kegiatan Ekstrakurikuler sebagaimana dimaksud pada ayat (3) meliputi kegiatan krida, karya ilmiah, latihan olah bakat/olah minat, dan kegiatan keagamaan, serta kegiatan penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

    Dalam rangka melahirkan Generasi Emas Indonesia tahun 2045, seluruh komponen bangsa ditunggu peranannya dalam membentuk karakter generasi Indonesia berikutnya. Saya bersama praktisi experiential learning Indonesia lainnya berkeinginan memberikan sedikit kontribusi dalam penguatan pendidikan karakter tersebut.

    Bersama sekitar 150 orang guru/pengajar yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, kami membentuk sebuah komunitas dimana dalam komunitas ini rekan-rekan guru mendalami lebih lanjut tentang metode experiential learning untuk digunakan sebagai 'pendukung' kegiatan mengajar di dalam kelas.

    Apa itu experiential learning dan komunitas ini dapat rekan-rekan simak ulasannya di : https://www.bangjaung.com/single-post/2017/09/18/Menuju-Generasi-Emas-Indonesia-Tahun-2045

    saya berharap rekan-rekan guru berkenan meramaikan komunitas ini dengan bahasan-bahasan yang bermanfaat bagi proses mengajar di kelas

    [Pak Gunawan, terima kasih atas 'ruangan' nya ]

    BalasHapus

Komunitas Blog Guru Sosial Media