Diberdayakan oleh Blogger.

Bhinneka Tunggal Ika

Tahu Bhineka tunggal ika ? Tulisan Bhineka Tunggal Ika terdapat pada pita yang digenggam leh burung garuda Pancasila ( lambang Negara Indonesia ).

Bhinneka Tunggal Ika adalah moto atau semboyan Indonesia. Frasa ini berasal dari kitab Sutasoma Karangan Mpu tantular dan memiliki Arti “Berbeda-beda tetapi tetap satu”.Semboyan ini sangat sesuai dengan bangsa indonesia yang mempunya keaneka ragaman budaya .
Baik dilingkungan tempat kita kerja ,tempat sekolah , tempat tinggal pasti kita berdampingan dengan masyarakat yang berbeda suku bahkan kadang berbeda agama .Tapi karena kita sama - sama bangsa indonesia jadi kita harus tetap bersatu bukan ?

Makna Bhineka Tunggal Ika dalam Persatuan Indonesia Sebagaimana dijelaskan dimuka bahwa walaupun bangsaIndonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa yang memiliki kebudayaan danadat-istiadat yang beraneka ragam namun keseluruhannya merupakan suatupersatuan. Penjelmaan persatuan bangsa dan wilayah negara Indonesia tersebutdisimpulkan dalam PP. No. 66 tahun 1951, 17 Oktober diundangkan tanggal 28Nopember 1951, dan termuat dalam Lembaran Negara No. II tahun 1951.

Dalam masalah ini bangsaIndonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa yang memiliki adat-istiadatdan kebudayaan yang beraneka ragam serta wilayah negara Indonesia yang terdiriatas beribu-ribu kepulauan. Oleh karena itu keadaan yang beraneka ragam itu bukanlahmerupakan suatu perbedaan yang saling bertentangan namun perbedaan itu justrumerupakan daya penarik kearah resultan sehingga seluruh keanekaragaman itu terwujud dalam suatu kerjasama yang luhur yaitu persatuan dan kesatuan bangsa.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media