Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Startegi Pembelajaran Aktif Dengan Metode CRITICAL INCIDENT (Pengalaman Penting)

Startegi Pembelajaran Aktif Dengan Metode CRITICAL INCIDENT (Pengalaman Penting)


Strategi Pembelajaran Dengan Metode CRITICAL INCIDENT (Pengalaman Penting).Strategi ini digunakan untuk memulai pelajaran/perkuliahan. Tujuan dari penggunaan strategi ini adalah untuk melibatkan siswa/ mahasiswa sejak awal dengan melihat pengalaman mereka.

LANGKAH-LANGKAH
1.Sampaikan kepada siswa/mahasiswa topik atu materi yang akan dipelajari dalam pertemuan ini.
2.Beri kesempatan beberapa menit kepada siswa/mahasiswa untuk mengingat-ingat pengalaman mereka yang tidak terlupakan berkaitan dengan materi yang ada.
3.Tanyakan pengalaman apa yang menurut mereka tidak terlupakan.
4.Sampaikan materi pelajaran/perkuliahan dengan mengkaitkan pengalaman-pengala¬man siswa/mahasiswa dengan materi yang akan anda sampaikan.

Strategi ini dapat digunakan dengan maksimal pada mata kuliah/ pelajaran yang bersifat praktis, seperti pada mata kuliah Metodologi Pengajaran di jurusan-jurusan keguruan. Sebagai contoh adalah dalam mata kuliah Metodologi Pengajaran dengan topik Kelemahan Metode Ceramah. Disini pengajar dapat bertanya kepada siswa/ mahasiswa; "Dari pengalaman anda belajar semenjak dari Sekolah Dasar sampaisekarang, apa yang anda rasakan jika seorang pengajar menyampaikan materi kuliah dengan ceramah?"

Dari jawaban-jawaban yang muncul guru/ dosen bisa memulai perkuliahan dengan mengkaitkan pengalaman-pengalaman mereka dengan topik yang diajarkan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media