Sabtu, 05 Januari 2013

Startegi Pembelajaran Aktif Dengan Metode CRITICAL INCIDENT (Pengalaman Penting)


Strategi Pembelajaran Dengan Metode CRITICAL INCIDENT (Pengalaman Penting).Strategi ini digunakan untuk memulai pelajaran/perkuliahan. Tujuan dari penggunaan strategi ini adalah untuk melibatkan siswa/ mahasiswa sejak awal dengan melihat pengalaman mereka.

LANGKAH-LANGKAH
1.Sampaikan kepada siswa/mahasiswa topik atu materi yang akan dipelajari dalam pertemuan ini.
2.Beri kesempatan beberapa menit kepada siswa/mahasiswa untuk mengingat-ingat pengalaman mereka yang tidak terlupakan berkaitan dengan materi yang ada.
3.Tanyakan pengalaman apa yang menurut mereka tidak terlupakan.
4.Sampaikan materi pelajaran/perkuliahan dengan mengkaitkan pengalaman-pengala¬man siswa/mahasiswa dengan materi yang akan anda sampaikan.

Strategi ini dapat digunakan dengan maksimal pada mata kuliah/ pelajaran yang bersifat praktis, seperti pada mata kuliah Metodologi Pengajaran di jurusan-jurusan keguruan. Sebagai contoh adalah dalam mata kuliah Metodologi Pengajaran dengan topik Kelemahan Metode Ceramah. Disini pengajar dapat bertanya kepada siswa/ mahasiswa; "Dari pengalaman anda belajar semenjak dari Sekolah Dasar sampaisekarang, apa yang anda rasakan jika seorang pengajar menyampaikan materi kuliah dengan ceramah?"

Dari jawaban-jawaban yang muncul guru/ dosen bisa memulai perkuliahan dengan mengkaitkan pengalaman-pengalaman mereka dengan topik yang diajarkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar