Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » YANG BARU TENTANG KEGIATAN BELAJAR PADA RPP

YANG BARU TENTANG KEGIATAN BELAJAR PADA RPP


YANG BARU TENTANG KEGIATAN BELAJAR PADA RPP

Sesuai dengan Permendiknas No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses, maka ada 3 proses yang harus dilalui oleh peserta didik pada kegiatan inti di kegiatan pembelajaran.
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang¬kan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
Apa, dan bagaimana proses tersebut?

Kegiatan  Eksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru melakukan kegiatan berikut:
  1. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema Materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prin¬sip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
  2. Menggunakan beragam pendekatan pembela¬jaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
  3. Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
  4. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam se¬tiap kegiatan pembelajaran; dan
  5. Memfasilitasi peserta didik melakukan per¬cobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

Macam-macam alternatif kegiatan eksplorasi:
  1. Membaca tentang
  2. Mendengar tentang
  3. Berdiskusi tentang
  4. Mengamati model (teks/ karya)
  5. Mengamati demonstrasi
  6. Mengamati simulasi kasus
  7. Mengamati 2 perbandingan (yang salah dan yang benar)
  8. Mencoba melakukan kegiatan trtentu
  9. Membaca kasus (bedah kasus)
  10. Talk show
  11. Berwawancara dengan sumber tertentu  (menggali informasi)
  12. Observasi terhadap lingkungan
  13. Mencoba melakukan kompetensi dengan kemampuan awalnya
  14. Mencoba bereksperimen
  15. Bernyanyi  (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)
  16. Bermain (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)


Kegiatan Elaborasi 

Dalam kegiatan elaborasi, guru melakukan hal-hal berikut.
  1. Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  2. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memuncul¬kan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  3. Memberi kesempatan untuk berpikir, menga¬nalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  4. Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  5. Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  6. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  7. Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
  8. Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
  9. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa per¬caya diri peserta didik.

Macam-macam alternatif kegiatan elaborasi:

  • Diskusi/ mandiri
  • Mengidentifikasi ciri
  • Menemukan konsep
  • Melakukan generalisasi
  • Mencari bagian-bagian
  • Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan
  • Memasukkan dalam kelompok yang mana (memilah-milah)
  • Membandingkan dengan dunia nyata atau pengetahuan yang telah dimiliki (analisis beda dan persamaannya)
  • Menganalisis mengapa terjadi begini/ begitu dari hasil eksperimen/ demonstrasi
  • Meramalkan apa yang akan terjadi dari eksperimen
  • Mengidentifikasi  mana yang beda/sama dengan model bandingkan/kriteria dan mana yang lebih baik
  • Mengidentifikasi apa yang salah/benar, mengapa salah/benar
  • Mengurutkan
  • Mengelompokkan
  • Mengkombinasikan
  • Menyusun mana yang berhubungan dan mana yang tidak
  • Menguhung-hubungkan (mencari model hubungan)
  • Memasangkan contoh dan bukan contoh (memanfaatkan model bandingan untuk elaborasi)

Kegiatan Konfirmasi 

Dalam kegiatan konfirmasi, guru melakukan kegiatan-kegaiatan berikut.
  1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
  2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplo¬rasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
  3. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
  4. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar;
  5. Berfungsi sebagai narasumber dan fasilita¬tor dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan be¬nar;
  6. Membantu menyelesaikan masalah;
  7. Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  8. Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  9. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Macam-macam alternatif kegiatan konfirmasi:
  • Penyimpulan
  • Memberikan balikan apa yang dikerjakan peserta didik
  • Penjelasan mengapa salah
  • Penjelasan mana yang benar dan yang salah
  • Meluruskan yang salah
  • Menegaskan yang benar
  • Melanjutkan/ menambahkan  yang kurang
  • Mengangkat kasus yang salah dan yang benar  - menjelaskan mengapa salah/benar
  • Menyimpulkan konsep, kriteria , prinsip, cara mencapai yang lebih baik, contoh dan bukan contoh
  • Memperluas contoh yang bebar dan yang salah
  • Menjelaskan bagaimana seharusnya
  • Menciptakan rubrik

Contoh Skenario KD yang Berfokus pada Pemahaman Konsep
Pendahuluan  
Menunjukkan gambar peristiwa  dan bertanya jawab tentang hal yang terkait  dengan kompetensi dasar
Bertanya jawab tentang apa yang  akan dipelajari dan manfaatnya
Menginformasikan tujuan yang akan dicapai
Apersepsi (bertanya jawab tentang konsep yang berkaitan)
Kegiatan Inti  (alternatif 1)  
Mengamati  peristiwa yang berkaitan dengan suatu konsep ( Eksplorasi)
Bertanya jawab untuk menemukan suatu konsep  (Elaborasi)
Berdiskusi untuk menerapkan suatu konsep untuk peristiwa yang lain (Elaborasi)
Secara individu antara lain mengerjakan LKS untk menerapkan konsep (Elaborasi)
Saling mengoreksi dan mendapat umpan balik dari guru (Konfirmasi)
Kegiatan inti (alternatif 2)
Mengamati peristiwa alam sekitar  yang berkaitan dengan suatu konsep (eksplorasi)
Bertanya jawab untuk menemukan suatu konsep (elaborasi)
Berdiskusi untuk menerapkan suatu konsep untuk peristiwa yang lain (elaborasi)
Secara individu mengerjakan LKS untuk menerapkan konsep (Elaborasi)
Berwawancara dengan narasumber  berkaitan dengan suatu konsep (eksplorasi)
Diskusi  tentang hasil wawancara dan kaitannya dengan suatu konsep (elaborasi)
Secara individu antara lain mengerjakan LKS untuk menerapkan konsep (elaborasi)
Bertanya jawab dan mempertahankan konsep yang ditemukan (konfirmasi)
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan konsep yang ditemukan
Merancang tugas pengayaan untuk penerapan konsep

Contoh Skenario KD yang berfokus pada keterampilan (melakukan sesuatu)

Pendahuluan  
Bertanya jawab tentang pengetahuan/ keterampilan yang terkait dengan KD
Memotivasi siswa dengan menyampaikan tujuan atau mengaitkan KD dengan dunia nyata
Kegiatan Inti  
Melakukan modelling/simulasi untuk menemukan konsep (eksplorasi)
Bertanya jawab/ berdiskusi  tentang model/ simulasi yang telah dilakukan (Elaborasi)
Menyimpulkan langkah  yang benar untuk melakukan  (Elaborasi)
Praktik melakukan secara bergantian/ dalam kelompok ( Elaborasi)
Saling  mengomentari praktik yang dilakukan dan umpan balik atau penguatan dari guru ( Konfirmasi)
Kegiatan penutup
Merefleksi apa yang telah dilakukan dan manfaatnya  dalam kehidupan
Mengambil hikmah dari kegiatan yang dilakukan
Memberi tugas lanjutan
Berbagi 
Categories:
RPP, 

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media