TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » Pelajar Dan Seragam Sekolahnya

Pelajar Dan Seragam Sekolahnya

Seorang siswa sekolah pasti mengenakan seragam untuk atribut sekolahnya ,mulai sekolah TK sampai SMU punya seragam sekolah. warna umum seragam sekolah SD adalah merah putih, SMP adalah putih biru dan SMU adalah putih plus abu - abu kebiruan .

Seragam sekolah umumnya dikenakan oleh pelajar sekolah dasar dan sekolah menengah di berbagai negara. Penggunaan seragam sekolah ditetapkan berdasarkan aturan berbusana di sekolah atau negara yang bersangkutan.

Sekolah negeri di Indonesia menghargai kebebasan beragama. Sebagai contoh, siswi yang beragama Islam memiliki pilihan untuk mengenakan atasan lengan panjang, rok panjang, dan jilbab sebagai penutup kepala. Kebanyakan sekolah di Indonesia juga memiliki seragam batik, biasanya dipakai setiap hari Rabu atau Jumat. Jenis seragam ini umumnya berupa kemeja batik lengan pendek atau panjang, dipadukan dengan celana panjang untuk pria dan rok panjang atau pendek untuk wanita. Motif dan warna batik ditetapkan oleh sekolah yang bersangkutan. Sebagian sekolah di wilayah perkotaan juga mewajibkan pemakaian dasi bagi para pelajar

Beberapa fungsi seragam sekolah


  • Sebagai identitas sekolah
  • Mendorong siswa agar disiplin, karena baju seragam harus dipakai dengan benar dan rapi.
  • Membiasakan siswa selalu rapi dalam berpakaian
  • Menciptakan iklim kebersamaan sesama pelajar di sekolah
  • Mempermudah pengawasan siswa, ketika hari aktif sekolah, anak-anak tidak dapat pergi keluar sekolah seenaknya
pada 1982 keluarkanlah Surat Keputusan Direktorat Jenderal pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 52 tanggal 17 Maret 1982. Di SK itu diatur seragam wajib untuk pelajar Indonesia.

Pelajar Sekolah Dasar wajib memakai seragam atasan putih dan bawahan merah menyala. Warna itu dipilih karena merah memiliki arti energi dan semangat tinggi.

Makna warna merah tersebut sangat sesuai dengan jiwa pelajar SD yang selalu semangat dan ceria. Warna ini juga diharapkan dapat memberi dorongan semangat rajin belajar bagi siswa yang menggunakannya.

Adapun untuk pelajar Sekolah Menengah Pertama adalah putih dan biru tua. Warna biru tua dipilih karena mencerminkan sikap percaya diri dan mandiri. SMP adalah tahapan bagi pelajar dari anak-anak menuju remaja yang harus percaya diri dan mandiri sebagai pelajar Indonesia.

Sedangkan seragam putih abu-abu untuk siswa SMA memiliki makna pelajar yang memasuki dunia remaja. Warna abu-abu menggambarkan masa peralihan dari hitam ke putih. Abu-abu juga menggambarkan ketenangan dan kedewasaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media