TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » Kenampakan Alam Dataran Tinggi

Kenampakan Alam Dataran Tinggi

Di Indonesia sendiri ketinggian daratan antara satu dan yang lainnya pun berbeda- beda. Hal inilah yang menunjukkan bahwasannya Indonesia memiliki keanekaragaman geografis.

Karena berbeda karakteristik tempat akan mempengaruhi budaya, adat istiadat, dan bahkan tanaman- tanaman yang tumbuh pun akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Beberape kenampakan alam yang ada di Indonesia ini antara lain berupa daerah pantaidataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, hingga gunung.

Jenis dataran yang selanjutnya adalah dataran tinggi atau yang biasa disebut dengan Plato. Dataran tinggi merupakan wilayah dataran yang terdapat di daerah yang memiliki ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan air laut. Dataran tinggi ini memiliki suhu yang sejuk, bahkan cenderung dingin. Oleh karena itulah daerah dataran tinggi ini selalu terasa sejuk dan segar. Karena suhunya yang selalu terasa segar, dataran tinggi ini sangat cocok digunakan untuk sektor pariwisata juga.
Sekedar informasi, bahwa orang- orang yang terlalu penat atau lelah dengan suasana perkotaan maka mereka akan menyempatkan diri berlibur di wilayah dataran tinggi ini ketika weekend tiba.


Dataran tinggi ini terbentuk sebagai hasil dari erosi dan juga sedimentasi. Dataran tinggi juga bisa terbentuk karena bekas kaldera yang luas, yang tertimbun material- material dari lereng gunung yang berada di sekitarnya. Ada pula yang menyatakan bahwa dataran tinggi merupakan lahan yang berbentuk datar yang naik tajam di atas wilayah yang disekitarnya, setidaknya pada satu sisi. Dataran tinggi ini terjadi di setiap benua dan menghabiskan setidaknya sepertiga dari tanah Bumi. Dataran tinggi juga merupakan salah satu dari empat bentang alam utama bersama dengan pegunungan, datarab dan juga perbukitan. Itulah pengertian dari dataran tinggi yang sering kita temui di Indonesia.

Dataran tinggi sangat cocok untuk kegiatan wisata dan perkebunan. Tanaman yang cocok untuk perkebunan antara lain teh, cengkeh, kopi, sayuran dan buah-buahan, bunga dan kina.
Perkebunan teh dan tempat peristirahatan mertupakan contoh pemanfaatan dataran tinggi. Selain perkebunan teh ,di dataran tinggi juga dapat dimanfaatkan untuk perkebunan kelapa sawit .

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media