TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » ciri - ciri yang terdapat Pada Dataran Tinggi

ciri - ciri yang terdapat Pada Dataran Tinggi

Pada peta wilayah dataran tinggi ditunjukkan oleh warna kuning dan orange kemerah - merahan .adapun ciri- ciri yang dimiliki oleh dataran tinggi antara lain adalah sebagai berikut:

    Beriklim sejuk

Ciri satu yang dimiliki oleh dataran tinggi adalah mempunyai iklim yang sejuk. Di awal sudah disebutkan bahwa dataran tinggi merupakan daerah yang mempunyai iklim yang sejuk. Dataran tinggi ini bisa mempunyai iklim yang sejuk karena dipengaruhi oleh ketinggiannya, karena semakin tinggi suatu tempat akan mempunyai kesejukan udara yang semakin tinggi pula, atau bisa dikatakan bahwa uadaranya akan terasa semikn dingin. Oleh karena itulah maka dataran tinggi ini sangat prospek dijadikan sebagai tempat berwisata.

    Pertanian dibuat terasering

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh dataran tinggi adalah area pertaniannya dibuat terasering. Terasering merupakan tanag yang dibuat menyerupai tangga untuk mencegah terjadinya erosi. Terasering merupakan ciri khas yang mudah sekali untuk mengenali apakah suatu daerah termasuk dalam dataran tinggi ataukah tidak. Terasering ini seringkali kita temui di Indonesia khususnya di wilayah Jawa Barat. Terasering ini bibentuk agar tanah yang miring tidak mudah terkena erosi, sehingga pertanian bisa tetap terjaga dan tidak rusak.


    Amplitido suhu harian dan tahunan besar

Ciri- ciri selanjutnya yang dimiliki oleh dataran tinggi adalah memiliki amplitudo suhu harian dan juga suhu tahunan besar. Inilah salah satu yang dimiliki oleh dataran tinggi sebagai salah satu bentuk muka Bumi yang ada di Indonesia.

    Udara kering

Ciri dari dataran tinggi yang selanjutnya adalah memiliki udara yang kering. Meski mempunyai iklim sejuk karena berada di ketinggian, namun dataran tinggi justru mempunyai udara yang kering dan lebih kering daripada udara- udara yang lainnya yang berada di dataran yang tidak tinggi.

    Lengas atau kelembaban udara nisbi sangat rendah


Ciri yang selanjutnya yang dimiliki oleh dataran tinggi adalah memiliki kelembaban udara niisbi yang sangat rendah apabila dibandingkan dengan daerah yang bukan dataran tinggi.
    Jarang terjadi hujan turun

Ciri yang selanjutnya yang dimiliki oleh dataran tinggi adalah jarang terjadi turun hujan Adapun di awal sudah disampaikan bahwasannya dataran tinggi mempunyai iklim yang sejuk dan tentu terasa lebih dingin daripada daerah yang disekitarnya. Namun meski demikian, dataran tinggi ini justru jarang turun hujan.

Lebih mudah atau sering turun hujan bagi daerah- daerah yang memiliki ketinggian lebih rendah daripada daerah yang berada di dataran tinggi sendiri. Oleh karena itulah, pertanian yang ada di dataran tinggi mempunyai pengairan yang cukup meski pada musim hujan Jika biasanya pada musim penghujan di dataran rendah banyak terjadi banjir hingga menggenangi area persawahan, namun hal ini jarang bahkan tidak kita lihat terjadi di dataran tinggi. Hal ini karena curah hujan yang tetap terkontrol di dataran tinggi meski sedang musim penghujan.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media