TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kenampakan Alam Wilayah Dataran Rendah

Kenampakan alam merupakan bentuk muka bumi. Kenampakan alam disebut juga dengan istilah bentang alam. Setiap daerah mempunyai kenampakan alam yang berbeda-beda. Ada yang datar, ada yang berbukit-bukit. Ada pula daerah yang tertutup atau digenangi oleh air. Seperti sungai dan laut.

Pengertian dan Karakteristik

Kata ‘dataran rendah’ terdiri dari kata ‘dataran’ yang diartikan sebagai bagian permukaan bumi berupa tanah lapang yang datar atau landai mendekati rata. Sedangkan pengertian dataran rendah adalah suatu hamparan tanah lapang dengan ketinggian yang relatif rendah yaitu tidak lebih dari 200 meter di atas permukaan laut. Sebagai salah satu keragaman bentuk muka bumi, dataran rendah juga dikenal dengan istilah dataran aluvial.

Dataran rendah pada umumnya sering dijadikan tempat tinggal penduduk ( pemukiman ). Kota - kota besar seperti jakarta,Surabaya,Semarang dan Makasar terletak di wilayah dataran rendah.
Manfaat dataran rendah sebagian besar untuk lahan pertanian tanaman pangan dan perkebunan kelapa, padi, palawija dan tebu.

Selain pertanian , Dataran rendah juga serig dimanfaatkan untuk kawasan industri.
Daerah pantai umunya dimanfaatkan untuk objek wisata .Pantai wisata di Indonesia antara laun Pantai kuta,dan Pantai Ancol .
Selain pertanian dataran rendah juga sering dimanfaatkan untuk kawasan industri .Didaerah dataran rendah terdapat banyak pemukiman penduduk .

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media