TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Pelajaran agama sejak usia dini

Jaman sekarang para orang tua berbondong - bondong menyekolahkan anaknya di sekolah swasta dengan kurikulum pelajaran agama yang lebih banyak dibandingkan sekolah negeri .Kenapa begitu ya ? dan apaka anda termasuk golongan orang tua yang seperti itu ? 

Mendidik anak sedari kecil adalah ibarat mengukir di atas batu.” Sabda Nabi saw tersebut sangat tepat untuk menggambarkan pentingnya mendidik anak sedini mungkin. Anak yang masih kecil, mendidiknya membutuhkan kesabaran karena harus terus mengulang-ulang konsep yang hendak ditanamkan. Namun begitu konsep tersebut sudah masuk, maka ia akan tertancap dengan kuat di sana, sulit hilang seperti ukiran di atas batu.

Kehadiran anak yang mampu memberikan kebahagiaan keluarga adalah semata-mata merupakan karunia Allah, dan kita wajib mensyukurinya. Anak hanya akan terlahir dari pasangan suami istri manakala Allah menciptakan anak tersebut dan berkehendak untuk menciptakan dan tidak berkehendak untuk mengaruniakan kepada sebuah pasangan suami istri, mereka tak akan menghasilkan keturunan untuk selama-lamanya.

Anak diajarkan pendidikan agama sejak usia dini karena pada usia tersebut  anak dapat dengan mudah menangkap apa yang kita ajarkan daripada kita mengajarnya setelah mereka beranjak dewasa. Karena apa ? saat mereka sudah mulai beranjak dewasa, mereka akan sulit untuk di arahkan. Mereka sudah terpengaruh oleh pergaulan di lingkungan sekitar yang mungkin kurang baik maupun yang cenderung condong pada budaya jaman sekarang. Mereka akan malas jika diajarkan tentang hal-hal semacam itu, mereka akan bersifat acuh.

 Agar nantinya mereka dapat mengerti dan mengetahui baik buruknya kehidupan, serta agar mereka lebih dekat dengan sang penciptanya. Selanjutnya, apabila pengenalan agama dan tata cara beribadah sudah mulai ditanamkan sejak usia dini, maka anak akan selalu membiasakan melakukan ibadahnya dan  dalam kehidupan sehari-hari sampai ia dewasa.
Dengan kita membekali anak kita ilmu agama sedini mungkin, dan dilandasi dengan takwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, anak akan dapat berpikir ketika dia dihadapkan pada pilihan mana yang halal dan haram, mana yang boleh dan mana yang tidak boleh. Jika anak sudah mengetahui perintah dan larangan Allah SWT, maka kelak dia akan mampu membatasi dirinya.

didiklah dan bimbinglah anak-anak melalui pendidikan agama sejak usia dini atau bahkan sejak masih dalam kandungan. Misalnya, mendengarkan ayat-ayat suci al-qur’an supaya ia sudah mengenal Allah SWT, karena akhlak mulia terbentuk dari pengajaran dan perilaku orang dewasa itu sendiri. Pada dasrnya anak hanyalah peniru. Apa yang terjadi pada perilaku anak merupakan hasil tiruan anak dari orang tua dan guru di sekolahnya. Maka, didikan agama islam sangat dianjurkan untuk membentuk karakter dan akhlakul karimah pada anak berdasarkan apa yang telah dicantumkan didalam al-qur’an.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media