TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » Keragaman Kenampakan Alam Wilayah Indonesia

Keragaman Kenampakan Alam Wilayah Indonesia

Negara Kita ini di juluki sebagai Zamrud Khatulistiwa karena wilayah nya terletak di garis khatulistiwa dan memiliki kekayaan alam yang sangat indah .
Wilayah indonesia terdiri Atas daratan dan lautan yang luas . wilayah daratan indonesia meliputi ribuan pulau besar dan kecil yang terbentang dari sabang hingga merauke . Wilayah perairan indonesia meliputi perairan yang mengelilingi wilayah daratannya .

Wilayah daratan dan perairan indonesia memiliki kekayaan berupa keragaman kenampakan alam dan buatan .
Indonesia memiliki lima pulau besar, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan sering disebut Kepulauan Sunda Besar. Kelima pulau besar ini. dikelilingi oleh laut dangkal yang dinamakan Dangkalan Sunda. Jajaran pulau di antara Pulau Bali sampai Pulau Wetar sering disebut Kepulauan Sunda Kecil atau wilayah Nusa Tenggara.
Kenampakan alam Indonesia sangat beragam. Ada yang berupa gunung, dataran, laut, dan pantai. Setiap kenampakan alam mempunyai ciri-ciri tertentu. Pada peta setiap kenampakan alam digambarkan dengan simbol yang berbeda-beda.

  1. Simbol titik adalah simbol yang kerap digunakan untuk mewakili sebuah tempat pada peta. Simbol titik bisa berupa simbol gambar (menggunakan gambar yang mewakili) maupun simbol geometrik (menggunakan gambar yang tidak mewakili). Perbedaan antara simbol gambar dan simbol geometrik dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
  2. Simbol garis adalah simbol yang kerap digunakan untuk mewakili sesuatu yang berhubungan dengan jarak atau batas. Contoh penggunaan simbol ini misalnya pada simbol sungai, jalan, batas wilayah, rel kereta api, dan lain sebagainya. Perlu diketahui, simbol garis juga kerap digunakan untuk membatasi suatu wilayah dengan fenomena alam atau fenomena sosial yang sama, seperti garis isohaline yang membatasi wilayah laut dengan kadar garam sama.
  3. Simbol area adalah simbol yang digunakan untuk mewakili suatu wilayah dengan luasan tertentu. Contoh jenis simbol ini misalnya simbol danau, daerah batu kapur, waduk, rawa, gurun, hutan, dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media