TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » Tips Menjadi Guru Favorit Siswa

Tips Menjadi Guru Favorit Siswa

Menjadi seorang pengajar atau guru memang tidaklah mudah, aplagi menjadi guru favorit yang disukai siswanya. Siswa yang telah menjadikan salah satu gurunya menjadi guru favoritnya maka siswa tersebut akan lebih mudah menerima pelajarannya. Dia akan selalu senang menerima pelajaran ataupun tugas yang diberikan. Tapi jika siswa tidak menyukai gurunya maka otomatis pelajaran yang diberikan pun tidak akan masuk ke otaknya. Jangankan masuk ke otaknya, mengikuti pelajarannya pun dia tak mau. Siswa tersebut akan selalu tidak peduli dengan pelajaran yang gurunya tidak dia sukai. Apalagi jika guru tersebut pernah memberikan kesan tidak baik padanya, seperti pernah membuatnya malu didepan kelas, memukul atau mencubitnya, dan lain sebagainya.

Ada cara agar guru menjadi favorit dan disukai banyak siswanya. Beberapa cara berikut ini dapat dicoba oleh setiap guru dijenjang pendidikan manapun.
Tips Jadi Guru Favorit
1. Berikan kesan pertama
Hal pertama yang harus dilakukan yaitu berikan kesan pertama bagi siswa dengan hal yang baik. Berikan senyuman yang ramah dan kata-kata yang membuatnya semangat untuk belajar. Kesan pertama yang baik akan membuat siswa merasa nyaman untuk belajar. Jangan memberikan raut wajah yang menyeramkan.

2. Dekat dengan siswa
Guru yang dekat dengan siswa pastinya menjadi guru favorit. Guru yang bisa menarik hati siswa tidak hanya didalam ruang kelas tetapi juga di luar kelas. Jadilah guru yang dapat bersahabat dengan siswa. Biarkan mereka menganggap anda temannya saat diluar kelas tetapi tetap sopan dan santun saat di dalam kelas.

3. Sabar dalam mengajar
Kesabaran adalah hal yang harus dimiliki guru. Guru harus sabar bukan hanya dengan tingkah siswa yang nakal tetapi juga sabar memberikan materi pelajaran samapi siswanya mengerti dengan apa yang diajarkan. Seorang guru tidak boleh langsung memarahi siswa yang tidak mengerti pelajaran. 

4. Humoris dalam mengajar
Dalam proses mengajar, situasi yang membosankan akan membuat jenuh dan memancing kebisingan dikelas. Guru harus tanggap jika situasi ini terjadi. Buat suasana kelas menjadi bising tapi dalam prses belajar yang menyenangkan. Selingi materi-materi pelajaran dengan contoh-contoh cerita lucu tetapi tetap nyambung dengan materi pelajaran. Cara itu juga dapat memudahkan siswa mengerti dengan cepat, karena mereka tidak merasa tertekan saat belajar.

5. Tidak kaku dengan materi
Guru yang mengajar selalu terpaku pada buku ataupun laptopnya sangat membosankan. Apalagi menjelaskan materi hanya duduk saja. Itu membuat siswa malas mendengarkan dan juga tidak suka dengan pelajarannya apalagi gurunya. Guru yang menjadi favorit biasanya aktif menjelaskan, Dia berjalan kesetiap sudut kelas untuk memantau juga siswanya sehingga tidak ada siswa yang ngantuk.

6. Berikan senyuman hangat
Setiap mengajar berikan senyuman yang tulus kepada siswa. Jangan pernah pasang wajah jutek, karena siswa akan beranggapan bahwa guru tersebut judes dan galak. Wajah yang ramah akan memberikan kesan yang baik juga.

7. Bersikap adil
Guru harus bersikap adil kepad siswanya. Jangan pernah pilikasi dengan lebih memberikan perhatian kepada siswa yang pintar. Berikan siswa perhatian secara adil. Jangan karena siswa bandal ataupun tidak pintar lantas anda tidak memperdulikannya. Jika anda bersikap pilikasi maka bisa-bisa anda dibenci oleh siswa anda.

8. Berperan sebagai orangtua kedua
Jadikan diri anda sebagai orangtua kedua yang dapat dijadikan tempat curhat. Dengan begitu anda akan semakin mudah dekat dengan siswa. Dan juga anda bisa mengetahui masalah-masalah yang dialaminya yang menghambat pendidikannya.

9. Memberikan apresiasi
Sesekali anda harus memberikan apresiasi kepada siswa agar siswa lebih bersemangat lagi belajar. Karena siswa akan merasa dihargai usahanya apapun itu jika diapresiasi dengan baik. Guru yang melakukan itu pasti akan di sayangi leh siswanya.

10. Memotivasi
Setiap mengajar berikanlah kata-kata motivasi yang membangun agar siswa terus semangat. Jangan pernah memberikan kata-kata motivasi yang menyindir siswa lainnya. Berikan motivasi yang akan mereka ingat dari anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media