TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » Belajar Sejarah Hari Kebangkitan Nasional

Belajar Sejarah Hari Kebangkitan Nasional

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), hari yang menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat Indonesia yang ditandai dengan kelahiran organisasi Budi Oetomo pada tahun 1908. Kebangkitan Nasional merupakan bangkitnya semangat Nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk memajukan diri melalui gerakan organisasi yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan. Sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial yang menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

Indonesia yang sengsara karena penjajahan Belanda dan Jepang membuat beberapa orang terpelajar di masa itu untuk berpartisipasi membuat gebrakan baru untuk memperjuangkan nasib bangsa. Seorang mahasiswa kedokteran STOVIA, Dr. Wahidin Soedirohoesodo, tergugah untuk ikut berjuang dalam melawan penderitaan dan pembodohan yang dilakukan oleh penjajah. Dengan ide briliannya, akhirnya ia bersama bersama Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA seperti Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji sukses mendirikan Budi Utomo pada hari Minggu tanggal 20 Mei 1908. “Budi” artinya perangai atau tabiat sedangkan “Utomo” berarti baik atau luhur. Oleh karenanya, tujuan didirikannya Budi Utomo adalah untuk mencapai sesuatu berdasarkan atas keluhuran budi, kebaikan perangai atau kemahirannya. Douwes Dekker, seorang pejuang nasib bangsa juga ikut membangkitkan pemahaman
tentang “tanah air Indonesia”telah berhasil mempersatukan masyarakat Jawa bahkan berkembang di daerah lain di Indonesia pada saat itu. Melalui organisasi politiknya 'Indische Partij,’ia semakin leluasa untuk mengikrarkan semangat persatuan bangsa. Tak heran jika aksi para pejuang di masa lalu ini menjadi tonggak kebangkitan kesadaran akan harkat dan derajat bangsa Indonesia. Sejak itu, organisasi-organisasi politik Indonesia bermunculan untuk semakin mendorong perjuangan mencapai Indonesia merdeka. Kini, hari berdirinya Budi Utomo dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional di Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media