TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , » Mengenal dan Memahami Karakteristik Siswa

Mengenal dan Memahami Karakteristik Siswa

Seorang siswa merupakan pelajar yang duduk dibangku sekolahan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, ketrampilan, pengalaman dan kepribadian yang baik sebagai bekal hidupnya yang diterimanya dari seorang pendidik atau Guru maupun lingkungan sekolahnya. Di sekolah siswa dibimbing dan diarahkan untuk mengetahui kemana arah minat dan bakatnya, sehingga kegiatan pembelajaran akan berjalan dengan baik serta mendapatkan hasil yang baik pula. Dalam mengetahui minat dan bakat seorang siswa, seorang guru harus lebih mengenal karakter siswanya.

Karakter merupakan kelakuan atau tingkah laku yang dimilkii seseorang. Mengenal karakter siswa memang tidaklah mudah, karena tidak semua guru dapat mengenal karakter yang ada pada seluruh siswanya. Jika seorang guru ingin mengetahui karakter dari siswanya, maka seorang guru harus terlebih dahulu mengenal siswanya lebih dekat lagi. Dengan pendekatan secara hati, seperti halnya menjadikan guru sebagai teman erita atau ngobrol akan membuat siswa lebih terbuka lagi dan akan terlihat karakter-karakter yang dimiliknya.

Selain uaraian diatas, ada beberapa cara agar guru lebih mudah dalam mengenal dan memahami karakter
siswanya, diantaranya :

1. Perhatikan sikap dan tingkah laku siswa. Tahap awal ini kita hanya perlu memperhatikan tingkah laku nya dalam aktivitas sehari-hari nya seperti apa dia dalam lingkungn sekolah, kalau perlu di lingkungan rumahnya juga kita pelajari. Terkadang sikap  di sekolah dan di rumah dari anak didik kita bertolak belakang. Sehingga membuat dia memiliki dua karakter yang berbeda.

2. Dekati siswa. Setelah kita memperhatikan sikap dan tingkah lakunya, maka kita akan tahu cara untuk
mendekatinya. Pendekatan yang dilakukan bukan secara fisik melainkan pendekatan secara emosional.

3. Jadilah teman bercerita. Seorang guru pada saat sistem belajar mengajar berlangsung memang harus tegas dan berwibawa yang membuatnya harus dihormati tapi setelah slesai mengajar, guru bisa menjadi teman yang asik untuk ngbrol dan bercerita.

4. Ikuti jalan pikirannya. Cara ini mungkin sedikit aneh tapi bisa juga menjadi solusi untuk mengetahui karakter para siswa kita, pada saat kita mengobrol ikuti saja dulu apa yang dia ingin bicarakan, anggaplah kita ini sebagai pendengar yang baik, dari pembicaraanya pasti mengarah tentang kperibadiannya, jadi secara tidak langsung kita bisa tahu apa yang sebenarnya dia pikirkan dan apa apa yang dia inginkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media