TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Mengapa Pendidikan Dibutuhkan?

Mengapa kita membutuhkan pendidikan? Sepintas pertanyaan ini mudah untuk dijawab tetapi jawaban-jawaban tersebut masih mengambang dan tidak sesuai dengan pertanyaan. Manusia dilahirkan dengan akal dan pikiran yang membedakannya dengan binatang. Akal dan pikiran manusia tidak akan berkembang jika tidak dilatihdan di didik sedemiki rupa.

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita,ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan. Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat penting. Pendidikan pertama kali yang kita dapatkan di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

Mulyasana (2011:11) menjelaskan beberapa alasan yang memperkuat pandangan bahwa manusia mutlak membuthkanpendidikan, antara lain :

1. Bahwa kehidupan adalah proses. Prses kehidupan berawal dari ketiadaan menuju ke suatu yang ada dan    kembali ke ketiadaan. Untuk memahami prses tersebut, mutlak dibutuhkan pendidikan.

2. Pendidikan membantu manusia melakukan penyesuaian diri dengan tuntutan perubahan dan dengan sesuatu myang baru.

3. Pendidikan membantu melepaskan manusia dari kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan.

4. Pendidikan membantu manusia melakukan pembentukan jati diri.

5. Pendidikan membantu pemecahan kesenjangan hidup di tengah kompleksitas perubahan.

6. Pendidikan membantu manusia memahami arti dan hakikat hidup.

7. Pendidikan membantu manusia melakukan pematangan kalitas diei menuju terbentuknya kepribadian unggul dan tercapainya titik puncak kesempurnaan diri.

8. Pendidikan membantu menumbuhkan akhlak mulia.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media