TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Guru Harus Kreatif



Guru merupakan seorang pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Menjadi Guru atau pendidik bukanlah hal yang mudah. Mungkin sebagian orang beranggapan guru hanya sekedar mengajarkan materi-materi pendidikan yang telah tercantum pada kurikulum saja. Tidak hanya sekedar itu saja, Guru sangat berperan aktif dalam membantu membentuk karakter seorang anak selain orang tua dan keluarga. Peran guru yang penting membuat seorang guru dituntut untuk membuat suasana belajar mengajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan, sehinnga peserta didik dapat dengan cepat menerima pelajaran yang diajarkan.
 
Guru harus mempunyai caranya sendiri untuk menarik minat belajar peserta didiknya dengan cara yang kreatif dan inovatif. Kreativitas bukanlah suatu hal yang terjadi dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha untuk memelihara, menumbuhkan, dan mengembangkan kreativitas. Bagi seorang Guru atau pendidik, menjadi kreatif akan lebih menantang, karena diminta untuk mampu menginspirasi siswa atau menggunakan kreativitas untuk menerjemahkan tuntutan akademik, ujian, dan masalah lainnya yang ada di dalam kelas. Suasana yang dibentuk dari kreativitas dapat membantu menciptakan lingkungan kelas yang lebih memberi motivasi, menarik, dan mendidik bagi siswa dan guru.

Guru diberi kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan berbagai situasi dan tantangan perkembangan pendidikan. Perubahan dan perkembangan dalam dunia pendidikan berdampak kepada guru untuk dapat beradaptasi dengan cepat dan tepat. Seringkali tingkat keragaman dan kedalaman permasalahan dalam pendidikan, terutama menyangkut pembelajaran di sekolah sangat tinggi dan kompleks.
 
Hal itu dikarenakan tantangan dan permasalahan pembelajaran dapat berasal dari faktor ekstern guru seperti siswa yang tidak semangat belajar, media pembelajaran yang kurang memadai, dsb. maupun intern guru seperti kurang menguasai teknologi informasi, dsb. Guru seyogianya dapat memikirkan dan bertindak dengan cara yang tepat untuk dapat menguraikan kompleksitas tantangan dan memikirkan berbagai alternatif tindakan yang dapat dilakukan untuk menjawab berbagai masalah tersebut. Untuk itulah guru membutuhkan kretaivitas.
 
Beberapa tips menjadi Guru yang kreatif yaitu :
1. Mencintai pekerjaan sebagai pendidik
2. Memiliki variasi pendekatan
3. Berpikir terbuka
4. Cerdas menggunakan teknlogi
5. Menggabungkan teori dengan praktek
6. Komunikatif
7. Pengetahui potensi peserta didik
8. Membuat media pembelajaran sendiri yang menarik




0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media