Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , , » Pendidik peringati Hari jantung sedunia Dengan Pola hidup sehat

Pendidik peringati Hari jantung sedunia Dengan Pola hidup sehat

Hari ini adalah hari jantung sedunia, saat kita cintai jantung kita dengan mengkonsumsi makanan sehat serta selalu berolah raga teratur. Bahkan saat kita berprofesi sebagai pendidikpun kita juga harus perduli dengan kesehatan jantung kita .Apalagi prfesi pendidik kebanyakan melakukan aktifitas sambil duduk ,rubahlah pola aktifitas mendidik anda ya "fighting sehat selalu tenaga pendidik ".
Banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Faktor risiko tersebut terdiri dari faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi seperti riwayat keluarga, umur serta jenis kelamin dan faktor risiko yang dapat dimodifikasi seperti hipertensi, kebiasaan merokok, penyakit diabetes, dislipidemia, obesitas, kurang aktifitas fisik, pola makan serta stres.

  1. Hipertensi
  2. Merokok
  3. Penyakit Diabetes
  4. Metabolisme lemak yang abnormal (dislipidemia)
  5. obesitas
  6. kurang aktifitas fisik
  7. pola makan
  8. stres
 
Perubahan gaya hidup sekecil apapun dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dan mengurangi risiko serangan jantung hingga 50 persen.


Berikut ini hal-hal yang bisa Anda lakukan :

Berjemur
Sinar matahari mengandung vitamin D yang dapat meminimalisasi pembentukan plak di pembuluh darah.
Konsumsi cokelat
Makanan yang satu ini seringkali dihindari karena dianggap dapat mengakibatkan kegemukan. Tapi jangan salah, manfaatnya juga banyak. Anda hanya perlu jeli memilihnya.
Olahraga
Jantung adalah otot yang perlu dilatih secara teratur agar tetap dalam kondisi prima.
Latihan olah raga seperti jalan cepat, renang, joging atau bersepeda dapat memberikan latihan terbaik buat jantung anda.
Konsumsi makanan laut
Makanan yang berasal dari laut dapat 'melumasi' jantung Anda karena mengandung asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan risiko aritmia jantung, kadar kolesterol jahat, tekanan darah tinggi dan penggumpalan darah.
Berhenti merokok
Rokok mengandung lebih dari 600 zat kimia yang dapat merusak sel di dalam arteri. Hal tersebut dapat memicu peradangan yang dapat menyebabkan meningkatnya kolesterol dalam jantung.
Tertawalah!
Dengan tertawa, Anda menurunkan hormon stres yang diketahui dapat merusak lapisan pelindung pembuluh darah. Saat Anda sedang stres, jantung menerima adrenalin dalam dosis lebih besar.
Tidur cukup
Orang-orang yang tidur kurang dari lima jam semalam cenderung mengalami penumpukan mineral kalsium dalam pembuluh darah jantung yang suatu saat dapat pecah dan menimbulkan serangan jantung dan stroke. 
Jangan pendam rasa sakit hati
tekanan batin yang diakibatkan oleh emosi yang ditahan mulai dari patah hati, terlalu sedih, sampai dengan rasa bermusuhan dan amarah, dapat mengakibatkan tersumbatnya aorta jantung Anda yang efeknya mirip dengan oksidasi kolesterol, keracunan logam, insulin, radiasi dan darah yang mengental dan lengket.


0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media