Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , » Profesi Seorang Nelayan dari sisi pandang seorang guru

Profesi Seorang Nelayan dari sisi pandang seorang guru

Banyak profesi yang ada di sekitar masyarakat dan lingkungan kita antara lain ada seorang Tentara,Polri, guru, petani, peternak , dokter , arsitek, Apoteker, penjahit ,peternak dll 

Nah saat ini saya ingin mencoba mengupas tentang profesi seorang nelayan yang mana hari ini kita juga lagi memperingati hari nelayan nasional .

Nelayan
Nelayan adalah orang yang mata pencahariannya melakukan penangkapan ikan. Dalam perstatistikan perikanan perairan umum, nelayan adalah orang yang secara aktif melakukan operasi penangkapan ikan di perairan umum. Orang yang melakukan pekerjaan seperti membuat Jaring, mengangkut alat-alat penangkapan ikan ke dalam perahu/kapal motor, mengangkut ikan dari perahu/kapal motor, tidak dikategorikan sebagai nelayan.

Pengertian Nelayan menurut Standar Statistik Perikanan "Nelayan adalah orang yang secara aktif melakukan pekerjaan dalam operasi penangkapan atau budidaya binatang atau tanaman air".


 Pekerjaan aktif tersebut dapat meliputi :



  • Orang yang melakukan pekerjaan seperti membuat jaring, alat-alat atau perlengkapan penangkapan ikan. Tapi, orang yang mengangkut ikan tidak disebut nelayan.
  • Ahli listrik, ahli mesin, ahli masak, dan orang yang ahli dalam bidang lain yang bekerja diatas kapal penangkapan termasuk sebagai nelayan.
berdasarkan pendapatnya, nelayan dapat dibagi menjadi :

a.Nelayan tetap atau nelayan penuh, yakni nelayan yang pendapatan seluruhnya berasal dari perikanan.

b.Nelayan sambil utama, yakni nelayan yang sebagian besar pendapatannya berasal dari perikanan.

c.Nelayan sambilan tambahan, yakni nelayan yang sebagian kecil pendapatannya berasal dari perikanan.

d.Nelayan musiman, yakni orang yang dalam musim-musim tertentu saja aktif sebagai nelayan.

1 komentar:

  1. nelayan itu terkenal di sekolah dasar... sering dijadiin soal... :D

    BalasHapus

Komunitas Blog Guru Sosial Media