Diberdayakan oleh Blogger.

Saat Senyum Menjadi sedekah

Wajah ceria dan senyuman yang mengembang dari bibir ketika menemui saudara kita, sesungguhnya merupakan amalan yang sepele dan amat mudah dilakukan. Orang muslim itu, diantara ciri dan karakteristiknya adalah apabila bertemu dengan saudaranya ia akan mengucapkan salam dan berjabat-tangan yang diiringi dengan tebaran senyum. Inilah tegur sapa ala Islam, dan inilah akhlak kaum muslimin.

Diantara salah satu ajaran Nabi yang paling mudah dilakukan adalah senyum. Rasulullah S.a.w adalah orang yang senantiasa menebar senyum. Sayangnya, kita yang hidup di zaman sekarang ini sering menganggap remeh masalah senyum ini
 Maka dari itu, jika kita mendapati orang muslim yang susah mengembangkan senyum, secara psikologis bisa diduga bahwa ia memiliki masalah dalam dirinya. Orang muslim yang enggan mengucapkan salam atau berjabat-tangan dengan saudaranya, maka sesungguhnya ia adalah orang yang bermasalah, atau orang yang memiliki masalah dengan orang lain.

Mengucapkan salam dan menebar senyum kepada orang lain termasuk sedekah: sedekah yang paling sederhana. Artinya, sedekah itu tidak mesti dengan uang, orang yang tidak punya uang dapat bersedekah dengan senyumannya

Membuat senang orang lain merupakan sedekah , senyum menjadikan wajah kita tampak ramah orang memandangpun akan senag dan tidak takut untuk berbicara dengan kita .

terdapat dalam Hadits :
Tersenyum dan perlihatkan wajah yang menyenangkan ketika bertemu dengan orang muslim ( H.R Muslim ) 

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media