Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » HARAPAN TAK JEMU SEORANG PENDIDIK

HARAPAN TAK JEMU SEORANG PENDIDIK

Internet bukan merupakan barang baru di dunia pendidikan, proses pembelajaran di #IndonesiaDigitalNation sangat memerlukan kemajuan teknologi dalam mentransformasi ilmu kepada peserta didik, baik formal maupun nonformal. Kesadaran inilah yang melatar belakangi akan selogan " Guru Melek Teknologi ". Zaman sudah bergeser, metode guru dalam menyampaikan materi pelajaran juga berubah. Dari menggunakan kapur tulis, berkembang menjadi menggunakan media berbasi informasi dan teknologi.
Tantangan guru pada saat ini berpacu terhadap perkembangan dan pertumbuhan alat komunikasi. Seorang anak saat ini telah delahirkan dengan kemahiran dalam menggunakan aplikasi HP yang berbasis android. Seorang anak juga dilahiran dengan kemewahan dan ketersediaan fasilitas Informasi Teknologi yang terkadang membatasi dunia bermain dengan sesama di lingkungan mereka.
video
Dari hal di atas hendaknya menjadi pemicu bagi kita seorang pendidik dalam membiasakan #IndonesiaDigitalNation, pengajar dan pemerhati pendidikan untuk lebih memperdalam pengetahuan akan IT. Banyak media dan peralatan yang selalu mendukung seorang guru dalam memfasilitasi mereka dalam mengajar, yaitu dengan Internet.
Internet sangat mengambil peran penting dalam transformasi pendidikan saat ini, sebagai rujukan dalam belajar dan juga sebagai fasilitator mempermudah guru dalam mentransfer pemahaman kepada siswa dalam hal pemahaman pembelajaran, mewujudkan mimpi-mimpi serta ide-ide kreatif mereka.  Dan tahuka kita bahwa penjelasan seorang guru bukan merupakan hal yang mutlak saat ini bagi mereka, sebab mereka akan kembangkan dan bandingkan dengan hal yang lebih dekat dengan mereka, yaitu Internet. Bayangkan, bagaimana kalau kita ( guru, siswa, orang tua serta sekolah ) dalam proses belajar mengajar terbatas tidak menggunakan Internet, mungkin feel pendidikan di Indonesia tanpa #IndonesiaDigitalNation sangat tidak menarik.
Bayangkan kalau seorang guru dalam mengajar menggunakan media blog, twitter, FB, dan instagram dalam mengkolaborasi belajar, akan terjalin pengawasan, komunikasi yang sangat erat dalam proses pemahaman pembelajaran. Hal ini memungkinkan akan menghindari ke khawatiran kita kepada anak-anak dampak negative Internet. Mereka akan lebih asyik, lebih suka dan sangat menikmati pelajaran yang sesuai dengan hal yang juga mereka sukai, yaitu aplikasi yang lebih dekat dengan mereka yang menggunakan jaringan internet. Oleh karena itu meningkatkan #IndonesiaDigitalNation merupakan harapan seorang guru yang tiada jemu dalam memajukan citra pendidikan Indonesia. Mari kita para guru, tenaga pendidik, pemerhati pendidikan untuk memberikan sumbangsih ide, kreasi kita dalam bentuk Video dengan mengunjungi situs www.indonesiadigitalnation.com. Mari sama-sam kita berkreasi demi memajukan pendidikan Indonesia

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media