Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Funedoo Media pembelajaran baru berbasis internet

Funedoo Media pembelajaran baru berbasis internet

Pembelajaran seharusnya lebih menarik dan lebih menyahuti dengan kondisi anak sebagai target pembelajaran. Tidak sedikit dari guru dan tenaga pendidik tidak meyikapi hal ini, mereka menganggap bahwa proses pembelajaran hanyalah proses tanggung jawab profesi semata. Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi, yang jadi masalah adalah bagaimana agar proses komunikasi itu berjalan dengan baik agar tujuan pembelajaran dapat tersampaikan secara utuh. Dari hal tersebut maka internet dijadikan sebagai media pembelajaran. Perkembangan teknologi dengan media internet dalam pembelajaran berkembang cepat, baik secara sadar maupun tidak kita melewati bahwa banyak penyedia media pembelajaran yang menyadari bahwa ini hal yang penting, salah satunya adalah Funedoo. Funedoo merupakan pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran karena ada beberapa aplikasi internet yang memberi kemudahan dalam proses pembelajaran di dalamnya.
Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran sangat baik digunakan untuk membantu guru dalam mempermudah penyampaian pembelajaran kepada siswa, di Funedoo menyikapi dengan membuat beberapa aplikasi internet yang menjawab kebutuhan-kebutuhan pembelajaran.  Dalam pembelajaran, guru sering dihadapkan berbagai hal yang mengharuskan tidak bertatap muka langsung dengan siswa. Di samping itu adanya  Funedoo sebagai media pembelajaran dapat membantu membangun proses pembelajaran yang lebih menarik.
Media pembelajaran melalui Funedoo merupakan imbas dari teknologi yang berkembang saat ini. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran juga mau tidak mau harus mampu menggalakkan pembelajaran yang berbasis IT. Pembelajaran yang akan dilakukan akan lebih menarik dan tidak menjenuhkan. Semua hal yang berhubungan dengan bahan pelajaran, sumber pelajaran akan terangkum dalam sebuah aplikasi dalam Funedoo. Di samping itu Funedoo juga  mampu menjangkau pembelajaran jarak jauh. Dengan teknologi internet yang meluas di seluruh Indonesia yang terkoneksi, setiap guru/ siswa mampu berdiskusi dan berinteraksi dengan baik dengan guru/ siswa dengan menggunakan Funedoo. Penggunaan Funedoo sebagai media pembelajaran saat ini juga sangat dianjurkan demi tercapainya pembelajaran yang memberikan berbagai wawasan tentang berbagai kemudahan aplikasi dalam internet yang berkaitan dengan pembelajaran.
Guru  dalam memilih Funedoo sebagai media pembelajaran berbasis internet mempunyai alasan  antara lain sebagai berikut :

a.    Guru dan siswa  agar melek teknologi internet.
b.    Guru dan siswa mampu menggunakan aplikasi internet yang berhubungan dengan pembelajaran.
c.    Guru dan siswa mampu menambah wawasan dalam berbagai hal yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
d.     Adanya pembelajaran tidak langsung tetapi  siswa tetap memperoleh pengetahuan dengan media internet.
e.    Guru akan lebih kreatif dalam memberi tugas melalui media yang interaktif yaitu internet ( dikutip dari http://bajugan.blogspot.com/2013/07/penggunaan-internet-sebagai-media.html   diakses hari sabtu, 05, September  2015. )
Funedoo sebagai media pembelajaran berbasis internet mempunyai manfaat baik bagi siswa, diantaranya :
1)    Mempermudah komunikasi dengan semua orang untuk bertukar pikiran dan berdiskusi dalam suatu halaman website Funedoo.
2)     Menjadi sarana penjawab semua pertanyaan para pelajar yang belum bisa mereka temukan jawabannya.
3)    Menemukan teman-teman dari negara-negara luar yang bisa membantu mereka dalam kehidupan sosial dan bisa menjadi tempat bertukar pengalaman dalam hal pendidikan maupun dalam hal lainnya.
4)     Menambah wawasan tentang segala macam pengetahuan tentang dunia luar.
5)    Mendapatkan hiburan yang diselingi dengan pembelajaran ( bermain game sambil belajar ).
Funedoo sebagai media pembelajaran berbasis internet tidak hanya memberikan manfaat bagi para pelajar, melainkan juga kepada para guru, diantaranya :
1)    Menjadi sumber untuk menambah bahan pelajaran.
2)    Bertukar informasi dengan guru-guru yang lain di berbagai belahan dunia yang lebih berpengalaman.
3)    Menambah wawasan pelajaran sesuai dengan perkembangan zaman.
4)     Mengikuti teknologi dan segala perkembangan zaman yang terjadi.
5)    Menjadi tempat pembelajaran agar bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan murid-muridnya.
6)    Menambah teman dan saling bertukar pikiran sesama guru.

Mungkin ini yang dapat saya ulas mengenai “ Media pembelajaran baru berbasis internet yaitu Funedoo”. Ini merupakan media baru yang menurut saya sangat mendukung  proses pembelajaran yang menyeimbangi perkembangan IT dan komunikasi pada saat ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media