Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Ini Pak Menteri Pendidikan Atau peramal?

Ini Pak Menteri Pendidikan Atau peramal?

Dengan Kondisi UN yang gak jelas dan seperti coba-coba ( seperti kayak tahun-tahun sebelumnya, tetap aja proyek masal Ujian ) mengeluarkan pernyataan yang saya kutip dari Majalah Kompas pada tanggal 23 Maret 2013 mengatakan, "Kita doakan mudah-mudahan lulus. Tapi, berdasarkan pengalaman, persentase yang nggak lulus sangat kecil sekitar 0,3-0,5 persen," jelas Nuh." 
UN ( Ujian Nyali ) 2013 semakin membuat pelajar cemas dengan sistem yang selalu berganti. pernyataan menteri pendidikan tersebut saya kutip sebagai berikut:

JAKARTA, KOMPAS.com — Jelang Ujian Nasional (UN) 2013, banyak sekolah mempersiapkan siswanya dengan intensif, baik secara akademis maupun mental. Berbagai pendalaman materi hingga doa bersama digelar untuk membuat siswa siap menghadapi UN 2013 ini.


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, untuk bisa lulus UN, siswa perlu belajar keras dan membuat skala prioritas yang jelas. Pasalnya, UN saat ini tidak hanya sekadar masalah kelulusan, tapi juga telah menjadi syarat utama bagi seorang siswa untuk dapat tembus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013.

"Siswa perlu kerja keras untuk UN, apalagi dikaitkan dengan SNMPTN yang juga menggunakan hasil UN," kata Nuh di Jakarta, Senin (25/3/2013).

Ia juga berharap agar siswa yang menjadi peserta UN pada tahun ini dapat lulus dengan nilai yang memuaskan meski tidak menutup kemungkinan ada siswa yang tidak lulus. Namun, sesuai pengalaman, biasanya angka kelulusan jauh lebih besar dibandingkan yang tidak lulus.

"Kita doakan mudah-mudahan lulus. Tapi, berdasarkan pengalaman, persentase yang nggak lulus sangat kecil sekitar 0,3-0,5 persen," jelas Nuh.

Untuk itu, ia kembali menekankan agar para siswa dapat belajar keras dan tidak tergiur untuk berbuat curang mengingat kredibilitas UN yang cukup tinggi. Salah satu langkah agar UN dapat berlangsung baik dan siswa tetap fokus mengerjakan, Kemdikbud meluncurkan 20 variasi soal UN pada tahun ini.

"UN ini kredibilitasnya tinggi. Jadi, segala bentuk penyimpangan apa pun harus diatasi dan dihindari," tandasnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media