Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode INSTANT ASSESSMENT [Penilaian Instan]

Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode INSTANT ASSESSMENT [Penilaian Instan]


Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode INSTANT ASSESSMENT [Penilaian Instan]
Ini adalah tehnik yang menyenangkan dan tidak menakutkan untuk mengetahui siswa/mahasiswa anda. Dengan strategi ini anda dalam waktu yang singkat dapat mengetahui siswa/mahasiswa anda dari sisi latar belakang, pengalaman, sikap, harapan dan perhatiannya.

LANGKAH-LANGKAH
1.Buatlah potongan-potongan kertas, masing-masing ditulisi huruf A, B atau C untuk menjawab pertanyaan pilihan ganda. Atau kertas dengan tulisan huruf B atau S untuk menjawab soal Benar Salah, atau kertas dengan tulisan angka 1, 2, 3,4, atau 5 untuk pertanyaan dengan jawaban rangking, seperti skala Likert. ( Jika terlalu banyak mahasiswa, kertas dan angka dapat dibuat sendiri oleh mereka).
2.Tulislah pertanyaan atau pernyataan yang dapat dijawab oleh siswa/mahasiswa dengan menunjukkan kartu (kertas yang telah disiapkan sebelumnya) yang ada pada mereka. Di bawah ini contoh pernyataan dari ke tiga tipe pernyataan di atas.
a. Saya mengambil mata pelajaran/kuliah ini karena: a.Ini mata pelajaran/kuliah wajib, b.Saya sangat menyukai mata pelajaran/kuliah ini, c.Saya mengira ini mata pelajaran/kuliah yang mudah.
b. Mata pelajaran/kuliah ini sangat sulit bagi saya. ( B - S)
c. Mata pelajaran/kuliah ini akan sangat bermanfaat bagi saya di kemudian hari.
3.Bacalah pernyataan yang telah anda buat dan minta siswa/mahasiswa untuk menjawab dengan mengangkat kertas (kartu).
4.Dengan cepat hitunglah jawaban mereka. Mintalah beberapa siswa/ mahasiswa untuk menyampaikan alasan dari jawaban mereka.
5.Lanjutkan prosedur ini sampai waktu yang dikehendaki.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media