Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode ASSESSMENT SEARCH [Menilai Kelas]

Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode ASSESSMENT SEARCH [Menilai Kelas]


Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode ASSESSMENT SEARCH [Menilai Kelas]
Ini adalah tehnik yang cukup menarik untuk mengetahui tingakta kemampuan siswa dalam kelas tertentu. Strategi ini dapat dilakukan dalam waktu yang cepat dan sekaligus melibatkan siswa/mahasiswa sejak awal pertemuan untuk saling mengenal dan bekerjasama.

LANGKAH-LANGKAH
1.Buatlah tiga atau empat pertanyaan untuk mengetahui kondisi kelas. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat berupa; Pengetahuan siswa/mahasiswa terhadap materi pelajaran. Sikap mereka terhadap materi. Pengalaman mereka yang ada hubung¬annya dengan materi pelajaran/kuliah. Ketrampilan yang telah mereka peroleh. Latar belakang mereka. Harapan yang ingin didapat siswa/ mahasiswa dari mata pelajaran ini. Tulislah pertanyaan-pertanyaan tersebut se¬hingga dapat dijawab secara kongkret. Hindari pertanyaan terbuka. Contohnya; Apa yang anda ketahui dari hal-hal berikut? Pertanyaan ini akan lebih baik jika dibuat seperti; Apa yang anda ketahui tentang ?
2.Bagi siswa/ mahasiswa menjadi kelompok-kelompok kecil terdiri dari tiga atau empat orang tergantung pada jumlah soal yang dibuat. Beri masing-masing siswa/maha siswa satu pertanyaan dan minta masing-masing untuk menginterview teman satu group untuk mendapatkan jawaban dari mereka.
3.Pastikan bahwa setiap siswa/mahasiswa mempunyai pertanyaan sesuai dengan bagiannya. Dengan demikian, jika jumlah mahasiswa adalah 18, yang dibagi menjadi kelompok tiga, maka akan ada 6 orang yang mempunyai pertanyaan yang sama.
4.Mintalah masing-masing kelompok untuk menyeleksi dan meringkas data dari hasil interview yang telah dilakukan.
5.Minta masing-masing kelompok untuk melaporkan hasil dari apa yang telah mereka pelajari dari temannya ke kelas.

Catatan:
1.Siswa/Mahasiswa dapat diminta untuk membuat pertanyaan sendiri.
2.Dengan pertanyaan yang sama, buat mereka berpasangan dan menginterview pasangan nya secara bergantian.
3.Minta mereka melaporkan hasilnya ke kelas, (variasi ini cocok dalam kelas besar).

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media