Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode QUESTIONS STUDEIUTS HAVE (Pertanyaan dari Siswa)

Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode QUESTIONS STUDEIUTS HAVE (Pertanyaan dari Siswa)


Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode QUESTIONS STUDEIUTS HAVE (Pertanyaan dari Siswa)
Tehnik ini merupakan tehnik yang mudah dilakukan yang dapat dipakai untuk mengetahui kebutuhan dan harapan siswa/mahasiswa. Tehnik ini menggunakan elisitasi dalam memperoleh partisipasi siswa/mahasiswa secara tertulis.

LANGKAH-LANGKAH
1.Bagikan potongan-potongan kertas (ukuran kartu pos) kepada siswa/mahasiswa.
2.Minta setiap siswa/mahasiswa untuk me nuliskan satu pertanyaan apa saja yang berkaitan dengan materi pelajaran, (tidak perlu menuliskan nama)
3.Setelah semua selesai membuat pertanyaan, masing-masing diminta untuk memberikan kertas yang berisi pertanyaan kepada teman disamping kirinya. Dalam hal ini jika posisi duduk mahasiswa adalah lingkaran, nanti nya akan terjadi gerakan perputaran kertas searah jarum jam. Jika posisi duduk berderet, sesuaikan dengan posisi mereka asalkan semua siswa/ mahasiswa dapat giliran untuk membaca semua pertanyaan dari teman-temannya.
4.Pada saat menerima kertas dari teman di sampingnya, siswa/mahasiswa diminta untuk membaca pertanyaan yang ada. Jika pertanyaan itu juga ingin dia ketahui jawa bannya, maka dia harus memberi tanda centang (O), jika tidak ingin diketahui atau tidak menarik, berikan langsung kepada teman di samping kiri. Dan begitu seterusnya sampai semua soal kembali kepada pe miliknya.
5.Ketika kertas pertanyaan tadi kembali kepada pemiliknya, siswa/mahasiswa diminta untuk menghitung tanda centang yang ada pada kertasnya. Pada saat ini carilah pertanyaan yang mendapat tanda centang paling banyak.
6.Beri respon kepada pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan; a) Jawaban langsung secara singkat, b) Menunda jawaban sampai pada waktu yang tepat atau waktu membahas topik tersebut, c) Menjelaskan bahwa mata pelajaran/kuliah ini tidak akan sampai membahas pertanyaan tersebut. Jawaban secara pribadi dapat diberikan di luar kelas.
7.Jika waktu cukup, minta beberapa orang siswa/mahasiswa untuk membacakan per tanyaan yang dia tulis meskipun tidak mendapatkan tanda centang yang banyak kemudian beri jawaban.
8.Kumpulkan semua kertas. Besar kemung kinan ada pertanyaan-pertanyaan yang akan anda jawab pada pertemuan berikutnya.

Catatan:
1.Jika kelas terlalu besar sehingga akan memakan waktu yang banyak untuk dapat memutar kertas, pecahlah siswa/mahasiswa menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil kemudian ikuti intruksi seperti di atas. Atau dapat juga dengan mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan tersebut tanpa di putar kemudian beberapa pertanyaan secara acak.
2.Dari pada menuliskan pertanyaan, siswa/ mahasiswa diminta menuliskan harapan dan/atau perhatian terhadap mata kuliah

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media