Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode PREDIKSI KAWAN

Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode PREDIKSI KAWAN


Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode PREDIKSI KAWAN
Untuk mata pelajaran/mata kuliah yang sering menuntut kerjasama kelompok dalam bekerja, team building perlu dibangun semenjak awal perkuliahan. Hal dimaksudkan agar siswa mahasiswa dapat secepatnya mengenal teman-temannya sehingga pada akhirnya mereka dapat bekerjasama dalam kelompok. Strategi ini adalah salah satu cara yang cukup baik untuk membantu siswa/ mahasiswa mengenal satu sama lain. Strategi ini juga dapat menjadi satu experimen menarik pada pertemuan pertama dari suatu perkuliahan.

LANGKAH-LANGKAH
1. Bentuk kelompok-kelompok kecil, 3-4 orang ( usahakan mereka yang belum mengenal)
2. Jelaskan pada siswa/mahasiswa bahwa tugas mereka adalah menebak apa jawaban yang akan diberikan oleh kawannya jika dia menanyakan beberapa pertanyaan yang telah disiapkan. Dibawah ini beberapa contoh soal-soal yang dapat ditanyakan; a.Jenis musik apa yang kamu suka?, b.Bacaan apa yang kamu suka?, c.Berapa jam biasanya kamu membaca setiap hari?, d.Apa acara televisi yang paling kamu suka?, f.Pelajaran apa yang kamu suka?, g.Dimana kamu lahir?, h.Dimana kamu dahulu sekolah?, i.Apa cita-citamu?, j.Dll yang dapat ditambahkan atau diganti.
3. Minta masing-masing kelompok untuk memulai dengan memilih salah seorang dari mereka untuk menjadi "subyek". Sarankan kepada masing-masing anggota untuk menulis prediksi mereka secara spesifik dan detail tentang "subyek" tersebut. Sampaikan bahwa mereka tidak perlu takut untuk menulis prediksi yang dirasa aneh. Ketika mereka membuat dugaan jawaban, mintalah sang "subyek" untuk tidak memberi indikasi yang mengarah kepada jawaban yang benar. Ketika semua telah selesai dengan prediksi mereka, sang "subyek" harus menjawab setiap pertanyaan tentang dirinya.
4. Proses nomor 3 ini dilanjutkan dengan anggota yang lain sampai selesai.

Catatan:
1.Buatlah pertanyaan-pertanyaan yang me nuntut siswa/mahasiswa untuk menebak pandangan, pemikiran atau kepercayaan ketimbang menanyakan hal-hal factual.
2.Batasi prediksi. Minta siswa/mahasiswa, satu demi satu, untuk menjawab pertanyaan secara langsung. Selanjutnya, minta anggota group untuk menyatakan apa yang tidak mereka duga dari kawannya berdasarkan pada pertemuan pertama.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media