Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , » Ekskul Bikin Betah di Sekolah, Sekolah Kamu?

Ekskul Bikin Betah di Sekolah, Sekolah Kamu?


Ekskul Bikin Betah di Sekolah
Sumber: http://www.radar-karawang.com
Menjadi bintang di sekolah karena prestasi akademik? Ehmm…siswa mana yang tidak menginginkannya. Tentu, semua mau donk menjadi bintang sekolah.
Namun, kalau hanya menjadi bintang sekolah karena berprestasi di bidang akademik saja rasanya kurang lengkap. Kalau kamu bisa berprestasi dalam bidang akademik sekaligus di luar akademik (ekstrakurikuler), kenapa tidak?
Mengikuti ekskul tidak hanya membuatmu menjadi bintang di dalam sekolah, namun juga di luar sekolah. Tetapi, barangkali kamu masih bingung, jenis ekskul apa yang kira-kira cocok buat kamu. Kenapa sekolah bikin ekskul? Karena kegiatan yang satu ini dianggap bisa menyalurkan minat dan bakat murid. Makanya, mulai yang berbau seni sampai olahraga semua disediain. Sebut aja ekskul teater, paduan suara, fotografi, dance, dan futsal. Itu baru sebagian kecil dari segambreng ekskul yang tumpah ruah di sekolah. Uniknya, seiring berjalannya waktu ternyata kegunaan ekskul bisa dimodifikasi, sob!. Bukan cuma buat nyalurin minat bakat, tapi juga sekalian bisa jadi tempat nyari duit! Ada yang untuk pribadi ada juga yang kelompok. "Yang jelas ekskul bikin sekolah gak boring, cause kita jadi bisa nyalurin bakat juga," cuap Darsim, siswa SMK Muhammadiyah Cikampek, yang ngaku ikutan Siswa Pecinta Alama (Sispala) karena suka banget tuh sama yang namanya mendaki gunung.
Kegiatan ekskul ini sangat asyik dan bermanfaat untuk diikuti, banyak banget manfaat yang bisa diambil dari kegitan elskul ini.  Manfaat, fungsi dan tujuan diadakannya kegiatan ekskul baik di sekolah maupun di kampus adalah sebagai wadah penyaluran hobi, minat dan bakat para siswa/mahasiswa secara positif yang dapat mengasah kemampuan, daya kreativitas, jiwa sportivitas, meningkatkan rasa percaya diri, dan lain sebagainya. Kegiatan ini juga bisa bikin kamu tambah gaul karena banyak teman, dan banyak karya yang bisa kamu tunjukan dengan ikut ekskul di sekolahmu . selain nyalurin hobi akan lebih baik lagi apabila mampu memberikan prestasi yang gemilang di luar sekolah, sehingga dapat mengharumkan nama sekolah atau kampus kita. Walaupun secara akademis nilai dari ekstrakurikuler tidak masuk secara langsung ke nilai rapot, namun kegunaannya jauh lebih bermanfaat daripada tidak melakukan banyak hal di luar jam belajar.
Makanya ayo pada ikut ekskul.!!!!. Persibuk dirimu dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat buat dirimu dimasa depan. Pilih ekskul kesukaanmu, jangan sekedar ikut ikutan teman, sesuaikan dengan bakat dan minat kamu, dijamin pasti seru!!. Banyak ekskul yang dapat kamu pilih, misalnya basket, voli, pencak silat, tari, cheerleader, PMR, sepak bola, bulu tangkis, atau mungkin paskibra yang dapat menjadikan kita lebih mencintai bangsa dan Negara kita, lebih tau arti nasionalisme dan patriotisme, apalagi sekarang ini para anak remaja kurang sekali rasa nasionalismenya pada bangsa dan negaranya, mereka seakan cuek dan tidak peduli. Itu sangat dikhawatirkan karena kita anak muda adalah sebagai penerus bangsa. 
Dan satu lagi nih manfaat ikut ekskul paskibra yaitu lebih berwibawa. Oke gak tu…! Atau kalau teman teman yang sukanya nulis, ngarang, atau suka bersosialisasi dengan lingkungan, ikut aja tuh ekskul yang gaul banget yaitu Jurnalistik . Disitu kalian dapat ilmu, teman baru dari luar, pengalaman baru, bisa mewawancarai orang-orang terkenal, orang-orang penting, karyanya dinilai orang banyak, dan masih banyak lagi deh. 
Jadi gak ada lagi alasan untuk tidak mengikuti ekskul. Tapi ingat, jangan memanfaatkan ekskul untuk pacaran, ijinnya sama ortu ikut ekskul malah disekolahan pacaran, Itu salah. Ikutilah ekskul dengan baik, siapa tau kedepannya dapat menghantarkan kamu kedepan pintu gerbang kesuksesan. Terus bagaimana caranya kita membagi waktu antara pelajaran dengan kegiatan ekskul, yang penting kita harus pandai pandai membagi waktu. Tau disaat kita lagi belajar, tau disaat kita lagi bermain, dan tau disaat kita lagi sibuk sibuknya latihan untuk menghadapi lomba. Jangan sampai saking sibuknya mengikuti ekskul pelajaran kita keteteran, tidak masuk gara gara kecapean dan lain sebagainya. Makanya kita harus bisa mengatur waktu supaya antara pelajaran dengan ekskul dapat berjalan dengan seimbang. Dengan demikian apa yang kita harapkan dan menjadi tujuan kita kedepannya dapat tercapai. (rk)

1 komentar:

Komunitas Blog Guru Sosial Media