Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , , , , » Pengertian Manajemen Pendidikan

Pengertian Manajemen Pendidikan

Perhatian Manajemen pendidikan adalah tujuan manusia, sumber, dan juga waktu. Kalau digabungkan dan dilihat dari bentuk dan perilakunya , keempat unsur tersebut menampakkan dirinya sebagai suatu sosial tertentu, yang sering disebut organisasi . Dengan demikian , daat disimpulkan bahwa manajemen pendidikan adalah subsistem dari lembaga pendidikan itu sendiri yang unsur - unsurnya terdiri atas suatu organisasi , yaitu tujuan , orang - orang , sumber dan waktu.
Manajemen pendidikan adalah keseluruhan proses penyelenggaraan dalam usaha kerja sama dua orang atau lebih dan atau usaha bersama untuk memberdayagunakan semua sumber secara efektif, efisien dan rasional untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan.

yang mana telah dijelaskan bahwa pendidikan pada hakikatnya merupakan proses pembinaan dan pelatihan manusia sebagai peserta didik.Pembinaan ini diarahkan terhadap olah pikir , olah rasa dan olah jiwa. Dengan pembinaan olah pikir manusia terbina kecerdasan intelegensinya,dengan olah rasa manusia menjadi tercerdaskan emosinya, dan dengan olah jiwa secara spiritual , manusia menjadi makhluk yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.Sehingga sempurnanya tujuan pendidikan yang berupaya mewujudkan manusia yang paripurna.
Aktivitas manajerial pendidikan  secara khusus berkenaan dengan pemeliharaan dan engembangan sumberdaya, yaitu : 
  • manusia ( seleksi, rencana pekerjaan, manajemen kinerja ,perencanaan, karir, pelatihan,proyek dan pembinaan ) 
  • Material ( perkiraan , pengawasan stok,manajemen aset ) 
  • Pembiayaan ( pembuatan anggaran, pengawasan biaya ,sumber biaya, analisa keuntungan)


Kata Kunci/ keyword Terkait dengan artikel ini  :
pendidikan anak usia dini,pendidikan anak ,paud pendidikan anak usia dini ,pendidikan anak usia dini paud ,pembelajaran anak usia dini ,Kurikulum pendidikan anak usia dini ,skripsi pendidikan anak usia dini , makalah pendidikan anak usia dini,logo pendidikan anak usia dini ,materi pendidikan anak usia dini ,Contoh proposal pendidikan anak usia dini ,artikel pendidikan anak usia dini ,program pendidikan anak usia dini ,metode pendidikan anak usia dini ,judul skripsi pendidikan anak usia dini ,manajemen pendidikan anak usia dini,pendidikan anak usia dini pdf ,direktorat pendidikan anak usia dini ,buku pendidikan anak usia dini ,pendidikan karakter anak usia dini ,pentingnya pendidikan anak usia dini ,jurnal pendidikan anak usia dini ,contoh makalah pendidikan anak usia dini ,tujuan pendidikan anak usia dini ,pendidikan anak usia dini di indonesia ,standar pendidikan anak usia dini ,Pengertian Manajemen Pendidikan ,artikel tentang pendidikan anak usia dini ,psikologi pendidikan anak usia dini ,karya ilmiah pendidikan anak usia dini ,kategori pendidikan anak usia dini

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media