Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , , , , » Cara Mendidik Anak Gemar Menabung Sejak Usia Dini

Cara Mendidik Anak Gemar Menabung Sejak Usia Dini

Anak-anak saat ini masih belum memahami nilai produktif dan sangat mudah menghabiskan uang. Mereka tidak berorientasi bahwa investasi atau menabung akan sangat menguntungkan di masa mendatang, terutama untuk mencukupi kebutuhan pendidikan. Peran Orang tua penting dalam mendidik anak sejak awal untuk Mengenalkan sang anak tentang mengelola keuangan secara bijaksana dan cerdas yaitu dengan cara menabung atau bisa di sebut menyisihkan uang dan berhemat ( dengan begitu anak akan lebih memahami akan menghargai hemat dalam kehidupannya).

Berikut adalah beberapa tips untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang cara untuk menghemat uang:
  • Anak-anak harus dididik tentang makna uang. Setelah anak-anak belajar dan mengerti soal bagaimana menghitung, itu waktu yang tepat memberikan pengertian mengenai uang. Sebagai orang tua harus konsisten dan menjelaskan kepada mereka dengan cara yang sederhana sehingga mereka memungkinkan anak dapat mengingatnya.
  • Selalu menjelaskan kepada mereka nilai menabung. Memberikan pemahaman agar mereka mengerti bahwa menabung mempunyai dampak positif. Menyisihkan uang jajan untuk ditabung bisa berguna serta menguntungkan saat dibutuhkan pada kondisi darurat, keuntungan itu bisa dirasakan dalam jangka panjang.
  • Memberikan sugesti tentang manfaat menabung. Sebagai orang tua yang cerdas hendaknya memberikan sugesti kepada anak bahwa menabung merupakan tindakan antisipasi untuk memenuhi biaya-biaya pendidikan di masa mendatang. Selain itu menabung juga melatih anak bersabar jika menginginkan sesuatu, misalnya sepatu, tas, buku, bahkan dimungkinkan untuk kebutuhan sekunder seperti mainan.
  • Memberikan tempat penyimpanan uang/celengan dengan bentuk yang menarik. Secara psikologis anak-anak akan tertarik melakukan sesuatu pada suatu obyek jika secara fisik benda tersebut mempunyai daya tarik yang kuat dimata mereka. Kita bisa memanfaatkan itu dengan memberikan kepada anak sebuah celengan dengan bentuk yang unik dan lucu. Anda bisa membelikan celengan yang bentuknya menyerupai tokoh-tokoh film kartun yang disukai anak, bisa juga celengan bentuk seperti ATM yang banyak dijual dipasaran.
Kata Kunci/ keyword Terkait dengan artikel ini  :
pendidikan anak usia dini,pendidikan anak ,paud pendidikan anak usia dini ,pendidikan anak usia dini paud ,pembelajaran anak usia dini ,Kurikulum pendidikan anak usia dini ,skripsi pendidikan anak usia dini , makalah pendidikan anak usia dini,logo pendidikan anak usia dini ,materi pendidikan anak usia dini ,Contoh proposal pendidikan anak usia dini ,artikel pendidikan anak usia dini ,program pendidikan anak usia dini ,metode pendidikan anak usia dini ,judul skripsi pendidikan anak usia dini ,manajemen pendidikan anak usia dini,pendidikan anak usia dini pdf ,direktorat pendidikan anak usia dini ,buku pendidikan anak usia dini ,pendidikan karakter anak usia dini ,pentingnya pendidikan anak usia dini ,jurnal pendidikan anak usia dini ,contoh makalah pendidikan anak usia dini ,tujuan pendidikan anak usia dini ,pendidikan anak usia dini di indonesia ,standar pendidikan anak usia dini ,contoh judul skripsi pendidikan anak usia dini ,artikel tentang pendidikan anak usia dini ,psikologi pendidikan anak usia dini ,karya ilmiah pendidikan anak usia dini ,kategori pendidikan anak usia dini



1 komentar:

  1. terimakasih pak gunawan,
    saya sedang persiapan dalam mendidik anak saya (azkiya,10 bulan)agar gemar menabung sejak dini, tentunya ketika dia sudah mulai mengerti. sekarang sedang fokus pengasuhan karena belum bisa berjalan dan bicara.:)

    silahkan mampir ke blog saya ya pak
    informasi dan brosurnya, saya yakin bermanfaat.

    BalasHapus

Komunitas Blog Guru Sosial Media