Diberdayakan oleh Blogger.

Ajarkan Anak Menabung Sejak Usia Dini

Menabung adalah sebuah kebiasaan yang juga harus dikenalkan oleh orang tua pada anaknya sedini mungkin .Bisa jadi di sekolah anak juga mengenal arti tentang menabung, guru mereka yang mengenalkan.Nah berarti Orang tua di rumah membantu anak untuk bisa mempraktekkan menabung dan menghemat serta menghargai akan arti uang dirumah.Dalam jangka pendek bagi orang tua yang berkecukupan bukan merupakan masalah jika anaknya hobi jajan. Sebaliknya, bagi mereka yang berpenghasilan kecil tentu akan jadi masalah. Namun dalam jangka panjang, kedua jenis orang tua tersebut sesungguhnya akan menyimpan masalah bagi perkembangan anak di masa datang. Bila kita perhatikan, sering kali kebiasaan seseorang terhadap uang dipengaruhi oleh apa yang diajarkan orang tuanya tentang uang ketika dia masih kecil. Seseorang yang bersifat boros, kemungkinan ketika kecil oleh orang tuanya selalu dituruti apa pun permintaannya. Jadi berhati-hatilah terhadap apa yang kita tanamkan kepada anak tentang uang, karena bukan tidak mungkin itu akan sangat berpengaruh pada diri anak ketika kelak tumbuh dewasa dan menjadi orang tua juga.

Untuk mendidik anak bagaimana mengenal dan mengerti arti uang beserta manfaat dan kegunaannya.

  • Segera setelah anak dapat berhitung, kenalkan anak dengan uang. Bagaimana cara membelanjakan uang secara baik, bagaimana menabung, dan bagaimana membuat uang semakin tumbuh dan berkembang.
  • Berikanlah pengertian kepada anak mengenai perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Tanamkan kepada anak bahwa sebaiknya kita lebih mendahulukan kebutuhan daripada keinginan. Tentunya sesuaikan dengan perkembangan anak. Hal ini penting agar di masa depan anak dapat melakukan pembelian barang secara baik dan bijak.
  • Berikan anak uang saku sesuai dengan kebutuhannya. Usahakan memberi sekaligus untuk beberapa hari, misalnya untuk satu minggu. Tentunya hal tersebut dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Beri penjelasan kepada anak agar dapat mengatur keuangannya selama periode tersebut. Bila habis, jangan diberi uang sampai saatnya dia kembali menerima uang. Hal ini untuk melatih kedisiplinan dalam mengatur uang dan membiasakan untuk melakukan perencanaan.
  • Biasakan untuk memiliki kebiasaan menabung pada anak. Mulailah dengan memberikan pelajaran kepada anak bahwa memiliki tujuan dan cita-cita adalah penting. Berikan saran bagaimana tujuan tersebut dapat dicapai. Salah satu caranya adalah dengan menabung. Ajarkan kepada anak untuk menabung sedikit demi sedikit uang yang diberikan. Ketika uang yang terkumpul sudah cukup atau mendekati cukup, tidak ada salahnya uang hasil tabungan tersebut dibelikan barang atau benda yang dia butuhkan. Dengan demikian anak akan mengerti bahwa untuk mencapai tujuan diperlukan proses dan pengorbanan, sekaligus juga melatih kebiasaan menabung.

Mendidik, memotivasi, dan memberdayakan anak untuk menjadi penabung dan investor yang baik perlu dilakukan sedini mungkin. Anak akan lebih mengerti dan menghargai nilai uang yang didapat sehingga anak akan lebih bijak dalam membelanjakan uang dan terdorong untuk selalu menabung. Hal ini sesungguhnya akan memberikan keuntungan terhadap masa depan anak, juga akan menolong keuangan keluarga sendiri.

Kata Kunci/ keyword Terkait dengan artikel ini  :
pendidikan anak usia dini,pendidikan anak ,paud pendidikan anak usia dini ,pendidikan anak usia dini paud ,pembelajaran anak usia dini ,Kurikulum pendidikan anak usia dini ,skripsi pendidikan anak usia dini , makalah pendidikan anak usia dini,logo pendidikan anak usia dini ,materi pendidikan anak usia dini ,Contoh proposal pendidikan anak usia dini ,artikel pendidikan anak usia dini ,program pendidikan anak usia dini ,metode pendidikan anak usia dini ,judul skripsi pendidikan anak usia dini ,manajemen pendidikan anak usia dini,pendidikan anak usia dini pdf ,direktorat pendidikan anak usia dini ,buku pendidikan anak usia dini ,pendidikan karakter anak usia dini ,pentingnya pendidikan anak usia dini ,jurnal pendidikan anak usia dini ,contoh makalah pendidikan anak usia dini ,tujuan pendidikan anak usia dini ,pendidikan anak usia dini di indonesia ,standar pendidikan anak usia dini ,contoh judul skripsi pendidikan anak usia dini ,artikel tentang pendidikan anak usia dini ,psikologi pendidikan anak usia dini ,karya ilmiah pendidikan anak usia dini ,kategori pendidikan anak usia dini

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media