Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , , , » Makna Agama bagi Anak

Makna Agama bagi Anak


Anak bukan orang dewasa yang kecil.Akan tetapi ,anak adalah manusia unik danorisinil yang barusaja lahir ke dunia .Dalam konteks keagamaan ,tentu makna agama yang dipahami anak - anak tidak sama dengan makna agama yang dipahami oleh orang dewasa, terlebih lagi perbedaan rasa beragama diantara keduanya.
Perlu ditekankan bahwa rasa beragama berbeda dengan pengetahuan tentang agama , baik orang dewasa maupun anak - anak .Pengetahuan agama adalah informasi tentang agama yang bersumber dari kitab suci , sedangkan rasa beragama adalah buah dari pengetahuan terhadap agama tersebut.Jika demikian ,apakah anak - anak tidak memiliki rasa beragama karena belum mempunyai pengetahuan yang cukup tentang agama ,sehingga tidak membuahkan rasa apa - apa ?? ternyata tidak demikian kok.Anak-anak sudah mempunyai rasa beragama melalui perkembangan bahasa yang diucapkan orang tua atau orang dewasa disekelilingnya.
Makna agama bagi anak - anak adalah sesuatu yang bersifat konkrit dan jauh lebih kuat dari pada dirinya, sehingga mampu memberi perlindungan,sebagai mana seorang ayahnya yang selama ini melindungi dan memberikan rasa aman kepadannya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media