Diberdayakan oleh Blogger.

Bercermin Dari Guru Inovatif Jepang

Potret Guru dan Wajah Pendidikan Kita

( Wah Wajah Pak budi kembali nih yang narsis )
Kita Sudah mengetahui, ada dua hari paling istimewa dalam dunia pendidikan di Indonesia yang selalu diperingati setiap tahun. Yang pertama ialah Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2Mei. Sedangkan yang kedua yaitu Hari Guru, yang jatuh pada tanggal 25 November mendatang.
Artinya, membahas masalah pendidikan tentulah erat hubungannya dengan sosok-sosok ibu dan bapak guru/ pendidik. Begitu juga sebaliknya, memperbincangkan para ‘Pahlawan Tanpa Tanda Jasa’ itu akan berkorelasi pula terhadap hal-hal yang menyangkut persoalan pendidikan yang tidak menilai dari biaya, honor dan berbau pamrih.
Lain halnya penghargaan tanpa tanda jasa di Negeri Jepang kala itu, setelah Jepang (kota Hiroshima dan Nagasaki) dijatuhi bom atom oleh tentara sekutu ternyata ucapan pertama yang terlontar dari mulut Sang Kaisar adalah sebentuk pertanyaan: berapa guru yang masih hidup?
Keberadaannya sangat diperhitungkan dan termasuk paling disegani di dunia (terutama di kawasan Asia).
Sampai sekarangpun sistem pendidikan dan kualitas komunitas guru di Jepang benar-benar layak diacungi dua jempol, bahkan sepuluh jari. Dengan model pembelajaran yang benar - benar inovatif maka rata-rata dosen dan sebagian guru di Jepang melakukan kegiatan pembelajaran yang bahan ajar atau materi kuliahnya terdapat di ‘website’ pribadi si dosen atau guru yang bersangkutan. Selain itu, para pelajar dan mahasiswanya pun bisa mengakses sumber-sumber lain untuk materi pelajaran dan perkuliahan serupa yang juga dari internet.
Jangankan sarana, mutu sumber daya manusia guru-guru di tanah air terkadang membuat kita terpaksa ‘mencibir’.
Tanpa bermaksud merendahkan rekan-rekan sesama guru, tetapi tipe guru dimaksud mungkin saja ada atau pernah ada di tengah-tengah kita. Lulusan SMA mengajar di SMP (terutama sekolah swasta atau tenaga honorer di sekolah negeri) sempat menjadi hal biasa. Padahal, sebagaimana kita maklumi, untuk menjadi seorang guru haruslah memenuhi kriteria layak dan mampu. Ke depan, paradigma pendidikan harus lebih dipacu untuk semakin maju. Kemajuan dunia pendidikan hanya akan menjadi mimpi di siang bolong kalau tenaga-tenaga pendidiknya masih terus terbelenggu oleh kepentingan-kepentingan birokrasi




Kata Kunci/ keyword Terkait dengan artikel ini :  guru, profesi guru, guru profesional, 2010 guru, tunjangan guru, calon guru, profesionalisme guru, tugas guru, pengertian guru, tunjangan profesi guru, info guru, syarat guru, tunjangan fungsional guru, pengembangan guru, portofolio guru, nrg guru, jurnal guru, kompetensi guru profesional, ptk guru, undang-undang guru, dana sertifikasi guru, guru yang profesional, pp guru, chord himne guru, kualifikasi guru, tunjangan guru 2010, evaluasi guru, cara menjadi guru, puisi perpisahan guru, menjadi guru profesional, sertivikasi guru, kesejahteraan guru, profesionalitas guru, sertifikasi guru sma, kewajiban guru, batara guru, apa itu guru, sertifikat guru, karangan jasa guru, guru sebagai profesi, puisi guru ku, syarat guru profesional, pengertian kompetensi guru, adab kepada guru, syarat-syarat guru, pensiun guru, guru sebagai fasilitator, agenda guru, kriteria guru profesional, administrasi guru smk, guru muda.com, syarat guru besar, berapa gaji guru, inpassing guru 2010, cara menghormati guru, tugas-tugas guru, guru bikini, sertifkasi guru, sertifikasi guru.org, srtifikasi guru, jenis-jenis guru, blog guru geografi, guru patimpus, indikator guru profesional, games ngerjain guru, gaji guru besar, guru yang berkualitas, contoh portofolio guru, guru sange, guru profesional download, www.sertifikasi guru, photo guru sekumpul, guru ghaib, guru lesbi, juga guru.com, sifat-sifat guru, toge guru, guru toge, gambar-gambar guru, itil guru, pijatan guru olahraga, gambar profesi guru, guru mursid, usaha sampingan guru, riwayat guru sekumpul, guru pembaharu.com, sertifikasi guru.com, guru semok, kompetensi pribadi guru, kedai guru.com, vagina bu guru, sang guru.com, guru jablay, guru asuma, guru besar psht, guru bejad, bu guru toge, www.juga guru, guru fisika.com, dunia guru.com, guru centil.

8 komentar:

  1. hem... bikin smangadh kita..

    BalasHapus
  2. sepertinya saya baru tahu ada hari guru tanggal 25 november, tak catat dulu lah biar tidak lupa..
    semoga bisa terlaksana di Indonesia tercinta juga

    BalasHapus
  3. pak download buku lengkap fisika n kimia dimana pak?

    BalasHapus
  4. Terima Kasih mas..atas masukannya dan koment nya..untuk buku elektronik silahkan buka http://bse.kemdiknas.go.id/ mungkin bermanfaat

    BalasHapus
  5. wahai teman-teman guru kita dikejar waktu dan teknologi global perlu pendalaman pemahaman dan pengamalan pendidikan karakter kepada generasi muda kita jangan sampai kehilangan harkat martabat dan jatidiri stadionkita eh kita sebagi bangsa inonesia

    BalasHapus

Komunitas Blog Guru Sosial Media