Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , , , , » Apa Itu metode Demonstrasi dan Karya Wisata dalam Pengajaran

Apa Itu metode Demonstrasi dan Karya Wisata dalam Pengajaran


Metode Demonstrasi
Demonstrasi dalam hubungannya dengan penyajian informasi dapat diartikan sebagai upaya peragaan tentang suatu cara melakukan sesuatu. Metode demonstrasi ini adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan dan urutan melakuakan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan yang sedang disajikan.
Tujuan pokok penggunaan metode ini dalam proses pembelajaran adalah untuk memperjelas pengertian konsep dan memperlihatkan cara melakukan sesuatu atau proses terjadinya sesuatu.
Metode Karyawisata
Metode Karyawisata adalah metode dalam proses belajar mengajar siswa perlu diajukan keluar sekolah, untuk meninjau tempat tertentu atau objek yang mengandung sejarah, hal ini bukan rekreasi, tetapi untuk belajar atau memperdalam pelajarannya dengan melihat langsung atau kenyataan. Karena itu dikatakan teknik karyawisata adalah cara mengajar yang dilaksakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau objek yang bersejarahuntuk mempelajari atau meneliti sesuatu, seperti meninjau peninggalan – peninggalan sejarah Mesir atau di Indonesia sendiri, metode ini dilakukan dalam waktu singkat dan ada pula waktu yang panjang.
Beragam manfaat atau faedah yang dapat dipetik dari kegiatan karyawisata, diantaranya: menyegarkan tubuh, menambah kesehatan, melatih anak- anak agar kuat, mampu menahan lapar dan dahaga, para pembimbing atau pendidik menganjurkan agar memperhatikan tingkah laku anak – anak dan sikap mereka dalam menghadapi berbagai hal yang beragam dan berbeda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media