Diberdayakan oleh Blogger.

Pak Gunawan Dalam Refleksi Pendidkan

Pak Gunawan Dalam Refleksi Pendidkan

Pada dasarnya kewajiban kita dalam mengajar tidak hanya sekedar ( terbatas ) di dalam kelas, namun dapat dilihat dari hasil dan tujuan akhir dari proses pembelajaran, dan tidak kala pentingnya adalah SOP ( Setandard Operasional Prosedur ) dalam proses pendidikan atau pengajaran, hal ini sangat sesuai dengan sistem manajemen mutu di dalam pendidikan.

Namun terlepas dari itu, baik suka maupun tidak, banyak guru yang hanya menyelesaikan kewajibannya di dalam kelas, tanpa melihat hasil yang terjadi dari hasil proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas.

Di saat ini banyak jenis, model dan bentuk pendidikan, dari pendidikan formal maupun nonformal, dari pendidikan sekolah maupun pendidikan di rumah ( home schooling ). Pertanyaanya adalah kalau kondisi pendidikan kita saat ini ( seperti gado - gado ) kemana akhirnya. Pilihannya ada 2, yaitu : Berhasil atau gagal.

Di negara Barat, pendidikan tidak lagi menggunakan campur sari, gado - gado dan lain sebagainya, melainkan sudah menggalakkan sistem keahlian yang langsung menitik beratkan kepada skill dan bakat siswa.

Kalau pertanyakan di tujukan kepada saya " apa yang dapat bapak lakukan terhadap dunia pendidikan saat ini ", jawaban saya singkat ; menghubungkan seluruh pendidikan itu ke pada AGAMA atau AKHLAK. Mungkin di awali dari saya sendiri, sekolah saya sendiri dan siswa saya sendiri...baru lingkungan dan masyarakat.

Semoga hal ini menjadi pemicu dan gambaran kepada kita bahwa masih banyak yang harus kita perbaiki.....

3 komentar:

  1. Salam pak guru, agama dan ahklak itu sangat penting diterapkan pada anak didik, cerdas tanpa berahklak itu sangat tidak baik.

    Salam sukses selalu.

    BalasHapus
  2. Terimakasih Mas Anton....Atas komentar dan masukannya....

    BalasHapus
  3. AMIN YA ALLAH ,,Mudah-mudahan cita-cita ini akan tercapai dan harus tercapai pak.....................

    BalasHapus

Komunitas Blog Guru Sosial Media