Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , » KONSEP DAN PENERAPAN PROGRAM MUTU DALAM PENDIDIKAN Lanjutan..

KONSEP DAN PENERAPAN PROGRAM MUTU DALAM PENDIDIKAN Lanjutan..

7. Kepemimpinan Mutu

Untuk menerapkan program mutu dalam pendidikan, diperlukan kepemimpinan yang berorientasi pada mutu. Kepemimpinan demikian berpegang pada prinsip – prinsip sebagai berikut.
a. Dalam kepemimpinan mutu seseorang mengukur keberhasilannya dari keberhasilan orang – orang ( semua anggota ) dalam organisasi.
b.Tanggung jawab berbagi. Semua unsur dalam organisasi memiliki tugas dan tanggung jawab yang jelas. Tugas majelis sekolah, pengawas, dan administrator memberikan fokus serta pengarahan terhadap sekolah. Semua anggota organisasi sekolah memiliki visi tentang masa depan yang sama, memahami program mutu, dan tugas – tugasnya. Setiap anggota didorong untuk terbuka, kreatif dan inovatif sehingga memungkinkan mencapai visi dalam sistem yang luas.
c. Perbaikan mutu berkelanjutan. Unsur – unsur pimpinan mendorong guru dan staf untuk mencapai tujuan akhir organisasi yaitu penyempurnaan yang berkelanjutan.
d.Dalam piramida kepemimpinan mutu, majelis sekolah, pengawas dan administrator harus menyediakan bahan serta alat – alat yang dibutuhkan guru dan staf. Dengan demikian tidak ada lagi kekuasaan mutlak dalam kepemimpinan ini. Kata kekuasaan dan kekuatan dihilangkan dalam perbendaharaan kepemimpinan mutu. Hal itu bukan berarti unsur pimpinan tidak melakukan keputusan, kebijakan, atau peraturan.
e. Peran guru dan staf. Semua orang dalam piramida kepemimpinan mutu adalah pemimpin. Untuk mencapai visi mutu dalam pendidikan, guru harus menanamkan visi ini kepada siswa. Siswa harus mmpunyai visi dan kemampuan untuk berbuat secara kreatif dan inovatif untuk mencapai visi tersebut.
f. Sebagai pimpinan mutu, setiap orang bertanggung jawab mengilangkan hambatan yang mencegah performansi yang tinggi. Visi mengarahkan orang pada tujuan yang akan diikuti.Tiap orang menjadi orang yang unggul. Tantangan utama untuk pendidikan bermutu adalah meghilangkan hambatan – hambatan organisasional yang menghambat orang untuk berhasil. Sistem naik kelas sampai batas tertentu dapat menjadi hambatan mencapai mutu secara optimal.



Kata Kunci/ keyword Terkait dengan artikel ini : pendidikan, pendidikan nasional, makalah pendidikan, pendidikan agama, menteri pendidikan, menteri pendidikan nasional, pendidikan usia dini, pengertian pendidikan, tujuan pendidikan, pendidikan di indonesia, departemen pendidikan, manajemen pendidikan, pendidikan teknologi, teknologi pendidikan, masalah pendidikan, pidato tentang pendidikan, tingkat pendidikan, pendidikan lingkungan hidup, evaluasi pendidikan, pendidikan pancasila, pentingnya pendidikan, pendidikan nasional indonesia, menteri pendidikan 2010, website pendidikan, pendidikan ppt, departemen pendidikan nasional, komunikasi pendidikan, standar nasional pendidikan, standar pendidikan nasional, pendidikan seks, logo pendidikan, pendidikan internet, kata kata pendidikan, teknologi dan pendidikan, uu pendidikan, inovasi pendidikan, pendidikan luar sekolah, pendidikan menurut islam, kementerian pendidikan nasional, journal pendidikan, aliran pendidikan, pendidikan tik, pendidikan dan kebudayaan, undang-undang pendidikan, pendidikan hukum, dinas pendidikan nasional, internet dalam pendidikan, internet untuk pendidikan, pendidikan jepang, pembiayaan pendidikan, artikel pendidikan indonesia, pendidikan kimia, lembaga pendidikan islam, perkembangan pendidikan indonesia, kementrian pendidikan, info pendidikan, blog pendidikan, uu pendidikan nasional, tujuan pendidikan jasmani, dasar-dasar pendidikan, pendidikan dan pembangunan, pendidikan pesantren, www.pendidikan, manajemen pendidikan islam, reformasi pendidikan, pendidikan diindonesia, hadits tentang pendidikan, komputer dalam pendidikan, menteri pendidikan indonesia, mentri pendidikan, depdiknas.go.id, macam-macam pendidikan, dasar pendidikan nasional, pendidikan sebagai sistem, kementrian pendidikan nasional, penilaian dalam pendidikan, pendidikan kewirausahaan, nilai-nilai pendidikan, aliran-aliran pendidikan, biaya pendidikan itb, faktor-faktor pendidikan, uud pendidikan, pendidikan tradisional, pendidikan sebagai ilmu, nama menteri pendidikan, pendidikan masa kini, jenis-jenis pendidikan, departemen pendidikan indonesia, tokoh-tokoh pendidikan, artikel pendidikan jasmani, pemerataan pendidikan, pendidikan.com, unsur-unsur pendidikan, artikel pendidikan nasional, prinsip-prinsip pendidikan, prinsip pendidikan islam, contoh pantun pendidikan, teori-teori pendidikan, multimedia dalam pendidikan, artikel dunia pendidikan, lambang departemen pendidikan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media