Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , » KONSEP DAN PENERAPAN PROGRAM MUTU DALAM PENDIDIKAN Lanjutan..

KONSEP DAN PENERAPAN PROGRAM MUTU DALAM PENDIDIKAN Lanjutan..

2. Permasalahan Di Dalam Proses Penerapan Mutu Pendidikan

Program mutu sebenarnya berasal dari dunia bisnis. Dalam dunia bisnis baik yang bersifat produksi maupun jasa, program mutu merupakan program utama sebab kelanggengan dan kemajuan usaha sangan ditentukan oleh mutu pengguna terhadap produk dan jasa layaan terus perubahan dan perkembangan.
Sejalan dengan hal itu mutu produk dan jasa layanan yang diberikan harus selalu ditingkatkan. Dewasa ini mutu bukan hanya menjadi masalah dan kepedulian dalam bidang bisnis, melainkan juga dalam bidang – bidang lainnya, seperti pemerintahan, layanan sosial, pendidikan bahkan bidang keamaan dan ketertiban sekalipun.
Banyak maslaah mutu yang dihadapi dalam dunia pendidikan, seperti mutu lulusan, mutu pengajaran, bimbingan dan latihan dari guru, serta mutu profesionalisme dan kinerja guru. Mutu – mutu tersebut terkait dengan mutu manajerial para pemimpin pendidikan, media, sumber belajar, alat dan bahan latihan, iklim sekolah, lingkungan pendidikan serta dukungan dari pihak – pihak yangterkait dengan pendidikan tersebut berujung pada rendahnya mutu lulusan. Mutu lulusan yang rendah dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti lulusan tidak dapat melanjutkan studi, tidak dapat menyelesaikan studinya pada jenjang yang lebih tinggi, tidak dapat bekerja/ tidak dapat diterima di dunia kerja, diterima kerja tetapi tidak berprestasi, tidak dapat mengikuti perkembangan masyarakat, dan tidak produktif. Lulusan yang tidak produktif akan menjadi beban masyarakat, menambah biaya kehidupan dan kesejahteraan masyarakat, serta memungkinkan menjadi warga yang tersisih dari masyarakat.( Bersambung...)

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media